6 kemampuan yang Harus diasah untuk Mengoptimalkan kerja Otak

Diposkan oleh admin on Sabtu, 05 Februari 2011

gats1

Pembahasan kali ini cukup high tension,dan sangat penting untuk dicatat,bacalah dengan rileks,tapi serius ya:)

Well,langsung saja..

Kali ini saya ingin berbagi tentang 6 kemampuan yang sangat penting untuk kita asah dalam mengoptimalkan kerja otak kita..

Sebenarnya apa saja yang perlu kita asah?

Kita urutkan ya..

1.Kemampuan Mendengar

Usahakan segala sesuatunya dimulai dari mendengar..

Kita mulai first stepnya dari sini ya,terus berlatih agar informasi dan ilmu dapat kita dengarkan dengan baik dan maksimal.Kemampuan mendengarkan yang baik dapat meminimalisir perolehan informasi yang salah maupun kesalah pahaman dalam input informasi.

Next step…yaituu..

2.Kemampuan berfikir

Ini sangat logis khan?setelah anda memperbaiki kemampuan mendengar,anda juga harus mengasah thinking power,kemampuan berfikir..Termasuk di dalamnya menganalisa,think probability atau kemungkinan,berfikir yang logis,tajam dan terpercaya(wah..kayak jargon di tivi..hehe)

Dengan berfikir yang baik,Informasi dan juga ilmu yg telah kita dengarkan,akan semakin efisien menjadi “isi otak”yang bermutu..

Selanjutnya…

3.Kemampuan Membaca

Dalam mencari informasi dan ilmu,mendengarkan saja tidak cukup,apalagi di zaman skrng yang sangaat menuntut kita untuk mandiri termasuk dalam mencari informasi..

It`s better buat kita untuk mempunyai kebiasaan membaca,tidak hanya dari buku-buku tetapi bisa juga dari internet yg kian hari semakin menyajikan bergudang-gudang informasi dan ilmu-ilmu berarti..

Thread ke 3 ini tidak perlu dibahas panjang,kita cukupkan mind set kita dengan “Banyak membaca=banyak ilmu=kerja otak semakin optimal”

Oke,step berikutnya kita harus mengasah..

4.Kemampuan menghafal

Bagaimanapun melimpahnya informasi dan ilmu,baik yg bersumber dari buku maupun internet,menghafal masih sangat sangat diperlukan..

Bisa dibilang ini kebutuhan super primer dalam proses mengoptimalkan otak.

Banyak cases yg memerlukan anda untuk berbicara secara ilmiah,membutuhkan dasar,sumber anda bicara,maupun teori-teori dalam menghadapi permasalahan.Nggak lucu kan,ketika anda menghadapi cases demikian anda harus repot mencari-carinya di buku,atau harus buka internet dulu:D,yah setidaknya anda harus menghafal di mana anda mendapatkan info yang anda peroleh(berupa judul buku,website,perkataan orang,dll).

5.Kemampuan berbicara

Setelah anda mendapatkan informasi dan ilmu dari step-step sebelumnya,anda perlu juga untuk mengasah kemampuan verbal dengan berbicara.Sudah pasti dengan mengasah kemampuan berbicara,pemaksimalan kerja otak akan semakin Up!!

Step ini kita tempatkan ke posisi 5,ini agar apa yang anda bicarakan nantinya “lebih berisi”dan bermutu,karena anda sudah mendapatkan cukup informasi dan ilmu dari step sebelumnya..

Yang terakhir,yaitu..mengasah

6.Kemampuan menulis

Kemampuan menulis ini punya beberapa peran,kalau dilihat dari urutan di sini,menulis berperan untuk mengevaluasi apa yg telah kita dapatkan dari step-step sebelumnya..

Cobalah untuk menuliskan informasi atau ilmu yang sudah kita dapatkan.Saya jamin!jika anda sudah mampu menuliskan info2 dan ilmu yang anda peroleh dengan baik,sudah pasti kemampuan kerja otak anda meningkat dengan suksess!!

Kerja otak anda akan semakin maksimal seiring meningkatnya kemampuan anda di 6 bidang di atas..

Tingkatkan kemampuan satu persatu,ulangi dan ulangi lagi..

Anda sudah bosan?kalau Iya,STOP!untuk bermimpi menjadi yang terbaik!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...