Ular Bisa Terbang

Diposting oleh admin on Kamis, 25 November 2010

Jakarta, Ternyata jenis fauna yang bisa terbang tidak hanya bangsa burung, karena ternyata Ularpun bisa terbang! Untungnya tidak semua jenis ular bisa terbang. Hanya ular yang termasuk dalam genus Chrysopelea yang bisa terbang.

Ular dalam genus tersebut bisa terbang (tepatnya melenting) dengan cara meluncur sambil meliuk dari pohon satu ke pohon lainnya hingga sejauh 79 kaki atau 24 meter. Ditemukan bahwa habitat ular golongan tersebut ada di Asia Tenggara dan Asia selatan.


Ular Genus Chrysopelea
Ular Genus Chrysopelea


Bagaimana ular itu bisa terbang? Hal itu diuraikan dalam presentasi penelitian dalam pertemuan American Physical Society Division of Fluid Dynamics.

Ular ini tidak melawan gravitasi ketika terbang, juga bukan melakukan hal-hal yang tak masuk akal. Tapi yang dilakukan ular ini adalah gaya yang dikerahkan oleh ular yang menjadi penyebabnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Jake Socha, pemimpin proyek penelitian tersebut.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, Socha bersama rekannya mencoba melepaskan ular jenis tersebut dari gedung berketinggian 49 kaki. Mereka merekam setiap gerakan dari ular tersebut. Kemudian, mereka mengembangkan model matematis yang mengungkapkan cara ular terbang.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diterima oleh Jurnal Bioinspiration & Biomimetics, Socha menjelaskan bahwa ular itu akan mengatur posisi tubuhnya sesaat sebelum terbang dan pada saat terbang.

Sesaat sebelum terbang, ular tersebut akan menjulurkan salah satu ujung badannya ke depan dan membentuk huruf J. Setelah itu, barulah si ular memulai melompat ke depan dan mempercepat gerakannya sehingga bisa terbang.

Ketika si ular terbang, ia akan mengerahkan gaya ke atas dari gerakannya sehingga membuatnya tak langsung jatuh. Ular tetap terangkat ke atas, walaupun ia bergerak ke bawah. Ini karena gaya yang mengarah ke atas lebih besar dari berat badan ular. Bagian depan ular akan tampak miring ke atas, kurang lebih 25 derajat, bagian ekornya akan terus bergerak-gerak sementara bagian lain akan membentuk lengkungan naik turun, seperti liukan ular ketika melata di atas tanah.

Jika ular tetap pada kondisi seperti itu, ia akan terus terbang ke atas. Namun, model terbang ular tersebut ternyata hanya sementara sehingga pada akhirnya ular tetap akan jatuh ke tanah mengakhiri luncurannya.

Menurut Socha, model terbang ular ini bisa menjelaskan cara meluncur beberapa spesies, termasuk mamalia dan ikan. Ke depan, penciptaan kendaraan tak berawak mungkin bisa dilakukan dengan meniru cara terbang luncur ular ini.

sumber : wihans.web.id


Baca Selengkapnya Disini : http://www.unikaja.com/2010/11/ular-bisa-terbang.html#ixzz16IZgtKuv

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search