H-60 Blackhawk, Helikopter Siluman Navy SEALs Penyergap Osama

Diposkan oleh admin on Sabtu, 07 Mei 2011

Dalam penyergapan Navy SEALs di persembunyian Osama bin Laden, tim menggunakan helikopter siluman. Seperti apa helikopter siluman itu? Simak berikut.

Helikopter ini pertama kali dilaporkan Daily Mail dari lokasi penyergapan saat media itu menemukan puing helikopter tersebut.

Versi modifikasi H-60 Blackhawk ini memiliki baling ekstra di rotor ekor yang memungkinkan terbang dengan suara minim dibanding Blackhawk standar. Penghubung rotor ekor rumit tertutup heli ini memberi beberapa keuntungan. Alhasil, heli ini akan lebih sulit dideteksi radar.


Menurut ahli Aviation Week, heli ini dicat dengan cat perak yang bertujuan membuatnya jauh lebih sulit dideteksi radar. Selain itu, heli ini juga memiliki baling tambahan di rotor utamanya untuk lebih mengurangi suara.

Gas panas mesin juga dibuat sedemikian rupa agar lebih dingin dan sulit dideteksi sensor infra merah.
Pengurangan utama deteksi radar pada heli ini nampaknya memang dikhususkan pada cara menghindari sensor infra merah dan mengurangi suara bising yang dihasilkan.

Jika heli siluman lain mencoba mendekati persembunyian bin Laden, kemungkinan besar heli akan langsung dapat dikenali dan bin Laden pun bisa melarikan diri.

Pada misi ini, aspek radar menjadi kurang penting dibanding suara bising dan infra merah. Seperti diketahui, terdapat prosedur untuk penerbangan rahasia Amerika Serikat (AS) saat melintas Pakistan, yakni memungkinkan pesawat CIA melakukan kampanye pembunuhan di batas barat laut Pakistan.

Selain heli ini, kabarnya terdapat heli lain yang juga ikut membantu dalam operasi AS, yakni untuk menyediakan video pengawasan dan penyiaran dengan komunikasi dengan bandwidth tinggi dari unit darat ke militer AS di seluruh dunia dan kembali ke presiden dan stafnya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...