Berikan Rambut Makanan Berprotein

Diposkan oleh admin on Kamis, 05 Mei 2011

img
Protein selama ini diketahui baik untuk membantu membangun otot, tapi nutrisi yang satu ini juga penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Orang yang memiliki gangguan rambut rontok seringkali dianjurkan untuk meningkatkan asupan proteinnya baik dari makanan, suplemen protein atau suplemen asam amino. Hal ini karena asupan protein yang didapat mempengaruhi pertumbuhan rambutnya.

Protein merupakan nutrisi penting untuk akar dan folikel rambut. Asupan protein kedelai sangat baik untuk pertumbuhan rambut yang sehat, serta protein yang terkandung dalam kuning telur juga baik untuk menyuburkan pertumbuhan rambut, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (5/5/2011).

Folikel rambut secara terus menerus akan memerlukan asam amino untuk menunjang pertumbuhan rambut di kulit kepala. Sel-sel ini membutuhkan energi untuk berkembang biak dan tumbuh, untuk memenuhinya dibutuhkan konsumsi mineral, asam amino dan juga vitamin.

Jika asupan asam amino tidak ditemukan, maka aktivitas dari folikel rambut ini akan terhambat dan sel-sel di rambut ini tidak mampu menghasilkan rambut yang lebih banyak lagi.

Sumber protein untuk menunjang 9 jenis asam amino esensial bagi pertumbuhan rambut bisa didapatkan dari ikan, telur, keju, susu, yogurt, daging dan juga unggas. Sedangkan protein yang berasal dari tanaman seperti biji-bijian, kacang-kacangan serta sayuran.

Bagi orang yang vegetarian umumnya hanya mengonsumsi protein yang terdapat dari tanaman, sehingga ada kemungkinan tidak semua asam amino yang penting untuk rambut sehat didapatkan.

Jika menderita kerontokan rambut atau rambut yang tipis, maka ada kemungkinan tubuh kekurangan asam amino sistein. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi protein agar rambut tebal, dan jika kondisi tak kunjung membaik sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk meresepkan suplemen asam amino tertentu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...