Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Diposkan oleh admin on Jumat, 17 Desember 2010

Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Terselubung.co.cc, Solo: Menutup akhir tahun 2010, Badan Pengawasan Obat dan Makanan menggelar rapat kerja nasional dan evaluasi di Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/12). Rapat ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja Badan POM pada satu tahun terakhir dalam melindungi masyarakat dari obat-obatan dan makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Salah satu prioritas Badan POM tahun 2010 adalah pengawasan terhadap jajanan anak sekolah. Jajanan menjadi prioritas karena meski sudah berulangkali diperingatkan, banyak jajanan anak sekolah yang mengandung zat-zat berbahaya. Dari uji laboratorium terhadap 2.984 sampel jajanan anak sekolah, ditemukan 45 persennya mengandung zat berbahaya.

Zat berbahaya yang terkandung antara lain pengawet seperti boraks dan formalin. Jajanan sekolah juga banya mengandung zat pewarna yang berbahaya bagi kesehatan seperti rhodamin, methanil yellow, benzoat, siklamat, dan sebagainya. Jika dikonsumsi berlebihan dan terus-menerus, zat-zat tersebut akan mengganggu kesehatan.

Selain zat berbahaya, uji lab itu menunjukkan banyaknya jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat kesehatan seperti tercemar mikroba, coliform, dan bakteri e coli. Pencemaran ini bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan anak. Badan POM mengimbau orang tua ikut mewaspadai peredaran makanan itu dengan melarang anak jajan sembarangan.(JUM)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...