Tips Tetap Fokus Pekerjaan di Kantor

Diposting oleh admin on Jumat, 30 April 2010

" Seharian berada di kantor dengan rutinitas yang sama tiap harinya pasti akan membuat seseorang menjadi jenuh dan sulit konsentrasi terhadap pekerjaannya. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap fokus dan siaga selama berada di kantor.
Ada beberapa hal yang bisa membuat orang menjadi tidak fokus dalam bekerja, seperti bosan seharian di depan komputer atau memiliki kegiatan yang sama atau bisa juga karena ada kejadian yang tidak menyenangkan di pagi hari, sehingga merusak mood dan menjadi tidak fokus dalam bekerja.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap fokus dan siaga dengan pekerjaan, seperti dikutip dari eHow, Senin (14/9/2009):

1. Pastikan mengonsumsi air yang cukup sehingga tidak menjadi
dehidrasi. Dehidrasi akan membuat orang menjadi lemas yang bisa mengakibatkan malas untuk bekerja dan tidak fokus. Konsumsi 6 sampai 8 gelas setiap harinya.

2. Cobalah untuk berjalan-jalan sebentar.
Hal ini penting jika pekerjaan menuntut untuk selalu berada di depan meja kantor, dengan jalan-jalan akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke dalam otak sehingga bisa fokus kembali.

3. Dengarkan musik.
Dengan mendengarkan musik bisa membuat orang menjadi rileks sehingga membantu untuk tetap bisa fokus.

4. Singkirkan segala macam gangguan.
Ini termasuk televisi, telepon, email dan apapun yang dapat mengambil perhatian Anda dari pekerjaan. Gangguan ini akan membuat orang menjadi sulit untuk konsentrasi dan fokus terhadap pekerjaannya.

5. Buatlah daftar apa yang harus dikerjakan hari ini.
Sebaiknya sejak pagi hari sudah tahu apa saja yang harus dilakukan satu hari ini, dan usahakan untuk tetap pada rencana yang sudah ada.

6. Membagi tugas yang ada menjadi beberapa bagian kecil.
Jika memiliki daftar 3 hal yang harus dilakukan, cobalah untuk membaginya menjadi 6 bagian kecil sehingga akan lebih mudah untuk fokus pada tugas yang ada.

7. Tetapkan batas waktu untuk setiap tugas.
Ada beberapa orang yang bisa bekerja lebih baik jika berada di bawah tekanan, lalu istirahatlah selama 5 sampai 15 menit setelah menyelesaikan setiap tugas.

8. Cobalah untuk tidur siang sebentar.
Jika merasa sudah sangat lelah dan tidak bisa fokus terhadap pekerjaan, cobalah untuk tidur siang sejenak selama 15 sampai 20 menit. Karena ini akan bisa mengembalikan konsentrasi seseorang dan membantu agar tetap fokus

selama bekerja.
Tidak peduli apapun pekerjaannya, setiap orang pasti akan dituntut untuk tetap fokus dan siaga dengan pekerjaannya. Untuk itu, istirahat dan tidurlah yang cukup pada malam harinya, sehingga Anda akan merasa lebih segar saat bangun pagi harinya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search