Lokasi Tewasnya Osama Bin Laden (Foto Satelit Terbaru)

Diposting oleh admin on Senin, 09 Mei 2011

Sejak peristiwa serangan teror ke menara kembar, World Trade Centre (WTC) 11 September 2001, Osama Bin Laden ditetapkan menjadi buron terorisme paling dicari. Sepuluh tahun perburuan bos Al Qaeda itu berakhir di sebuah rumah di Kota Abbotabbad, Pakistan. Minggu 1 Mei 2011, ia tewas ditembak pasukan khusus AS, US Navy Seal.

Foto-foto satelit terbaru yang menunjukkan rumah Osama sekilas mengungkap gambaran yang terjadi pasca operasi -- termasuk hambatan yang dihadapi pasukan penyerbu saat mengarah ke lokasi persembunyiannya.

Gambar tersebut dirilis satelit komersial dan penyedian citra udara, GeoEye. Foto udara menampilkan tak ada kerusakan struktur bangunan, namun bangkai helikopter Navy SEAL yang hancur tertembak bisa terlihat jelas.


Helikopter itu telah menjadi subyek pembicaraan intensif dalam beberapa hari terakhir setelah foto ekornya diedarkan online setelah serangan 40 menit yang menewaskan Osama. Beberapa ahli berspekulasi bahwa itu mungkin helikopter Blackhawk yang dimodifikasi --  yang merupakan bagian dari salah satu rahasia militer AS.

Seorang wartawan militer, David Cenciotti mengatakan pada TechNewsDaily, rahasia militer selalu berkaitan dengan teknologi canggih dan inovatif. Bisa jadi helikopter Blackhawk yang hancur telah dimodifikasi yang dirancang untuk terbang dengan tenang dan menghindari deteksi radar.


Selain itu, foto satelit juga menunjukkan, lokasi persembunyian Osama dekat dengan pemukiman padat, tidak terpencil seperti perkiraan sebelumnya. Rumah persembunyiannya juga  yang terletak hanya beberapa ratus yard dari akademi militer Pakistan yang prestisius di Abbotabad, tidak jauh dari ibukota Pakistan di Islamabad. (SPACE.com)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search