Payudara Saat Hamil Alami Perubahan Seperti Ini

Diposkan oleh admin on Sabtu, 23 April 2011

img


Ukuran payudara bisa berubah seperti membesar, terutama ketika seseorang sedang hamil. Tapi perubahan apa saja yang dialami payudara saat hamil?

Payudara merupakan bagian tubuh yang sensitif serta memiliki struktur fisiologis yang kompleks. Bagian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar susu. Umumnya perubahan payudara mulai terjadi setelah ia mengalami pubertas.

Ketika seseorang hamil atau menyiapkan diri untuk menyusui, maka ukuran payudara secara otomatis akan membesar. Ini dia perubahan yang terjadi pada payudara saat hamil, seperti dikutip dari ABCNews, Sabtu (23/4/2011) yaitu:

Trimester pertama
Pada tahap awal kehamilan ini aerola payudara akan berwarna lebih gelap dan warna puting menjadi lebih dalam sehingga nantinya memudahkan bagi bayi untuk menemukan sumber makanannya. Selain itu meningkatnya kadar hormon akan merangsang pertumbuhan dan perluasan dari lobulus payudara yang merupakan penghasil susu.

Trimester kedua
Pada tahap ini payudara mulai memproduksi dan menyimpan susu yang disebut dengan kolostrum, yaitu cairan kental berwarna kekuningan yang akan memberikan makanan bayi selama beberapa hari pertama kelahiran. Kolostrum ini juga mengandung zat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi bayi dari infeksi.

Pada minggu ke-16, payudara sudah siap untuk menyusui. Kondisi ini untuk meningkatkan kesempatan bagi bayi prematur agar bisa bertahan hidup yang mengandung tinggi protein, zat besi, sodium, lemak dan sifat anti-infeksi.

Pada minggu ke-24, aliran darah ke payudara akan berlipat ganda dan akan terus stabil sampai kelahiran. Hal ini untuk mendukung produksi susu secara berkelanjutan.

Trimester ketiga
Di dalam alveoli payudara sel kecil yang berfungsi memproduksi susu mulai berkembang biak dan akan bekerja terus hingga akhirnya penuh dengan kolostrum.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...