Minuman Pengganti Soda yang Lebih Sehat

Diposkan oleh admin on Jumat, 22 April 2011

img


Minuman soda bisa jadi merupakan minuman yang paling digemari karena menyegarkan. Sayangnya minuman bersoda ini tidak baik bagi kesehatan. Ketahui minuman sehat yang menyegarkan dan jadi alternatif selain soda.

Mengonsumsi soda atau minuman berkarbonasi terlalu sering bisa bikin gemuk, merusak gigi karena kandungan gula yang tinggi serta meningkatkan risiko osteoporosis.

Meski kurang baik, minuman ini masih saja digemari oleh masyarakat terutama saat cuaca panas. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara.

Tapi ada beberapa minuman yang bisa menjadi pilihan alternatif dibanding soda, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (22/4/2011) yaitu:

Teh hijau
Saat ini teh hijau lebih bervariasi, bila dikonsumsi dingin ia akan memberikan kesegaran seperti halnya minuman soda. Teh ini tidak hanya memiliki kalori relatif lebih sedikit, tapi juga manfaat kesehatan lain seperti penyakit jantung, kegemukan, hipertensi, stres dan antioksidan. Agar terasa lebih nikmat tambahkan sedikit madu.

Susu rendah lemak/susu kedelai
Minuman ini mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan mencegah osteoporosis, sehingga lebih sehat dibanding dengan soda yang justru bisa membuat seseorang kekurangan kalsium. Selain itu susu juga mengandung protein kualitas terbaik, riboflavin dan mineral penting.

Buah segar yang dingin
Beberapa buah-buahan berair segar yang dicampur dengan es akan menyegarkan saat musim panas dari kepala hingga kaki. Buah ini tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral tapi juga mengandung gula alami yang cepat memberikan energi dan antioksidan untuk melawan stres.

Es teh
Minuman ini bisa dibuat dengan mudah, agar lebih sehat buatlah es teh sendiri dengan menggunakan gula rendah kalori atau pemanis alami seperti madu. Es teh bisa juga ditambahkan dengan lemon, mint, kayu manis atau vanili.

Jus sayuran dan kaldu
Mencampurkan beberapa sayuran dengan kaldu bisa menyehatkan tubuh. Sayuran ini tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, sedangkan kaldu diketahui mengandung nutrisi penting lainnya.

Air putih
Air putih tidak hanya membuat seseorang tetap terhidrasi, tapi membantu membilas racun dari tubuh, mempertahankan pH dalam darah dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Agar terasa lebih segar tak ada salahnya sesekali mengonsumsi air putih yang ditambah es batu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...