Kulit Bokong Paling Sering Belang Meski Sudah Ditutupi

Diposting oleh admin on Jumat, 08 April 2011

img
foto: Thinkstock
Jakarta, Meski selalu tertutup dan tidak kena sinar matahari, kulit pantat seringkali justru lebih gelap dibanding bagian tubuh yang lain. Banyak faktor yang mempengaruhinya, termasuk pemilihan celana dalam yang ketat serta terlalu lama duduk.

Kulit pantat yang lebih gelap dibanding kulit lain di sekitarnya menjadikannya tampak belang dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Kondisi ini terjadi karena pigmentasi atau distribusi pewarna kulit yang tidak merata dan terkonsentrasi di bagian tersebut.

Pigmentasi yang berlebihan di daerah pantat dipicu oleh friksi atau gesekan yang terjadi secara konstan atau terus menerus. Gesekan itu umumnya terjadi antara kulit dengan kain celana dalam, ditambah gesekan tidak langsung dengan permukaan kursi yang keras.

Celana dalam yang terlalu ketat memberikan friksi yang lebih besar dibandingkan celana dalam yang longgar, sementara bahan yang memberikan friksi terbesar adalah bahan sintetis misalnya poliester. Katun lebih nyaman dan lebih melindungi kulit pantat dari friksi yang konstan.

Permukaan kursi atau tempat juga mempengaruhi friksi yang terjadi, sebab kulit pantat juga akan bergesekan dengan permukaan tersebut meski dibatasi oleh kain celana. Makin keras permukaan tempat duduk, makin besar friksi yang terjadi apalagi jika duduk dalam waktu lama.

Meski friksi yang konstan merupakan penyebab utama yang paling dominan, kadang-kadang pantat belang juga dipengaruhi faktor genetik. Seseorang cenderung akan memiliki pantat belang jika orangtua dan saudara-saudaranya juga memiliki pantat belang.

Untuk pantat belang yang disebabkan oleh friksi yang konstan, beberapa cara bisa dilakukan untuk mengurangi warna gelap kehitaman di bagian tersebut. Salah satunya adalah memilih celana dalam yang nyaman dan menghindari duduk terlalu lama pada permukaan yang keras.

Penggunaan bedak atau talk juga bisa mengurangi friksi yang terjadi, karena bisa mengurangi produksi keringat yang membuat kulit menjadi lebih lengket. Serbuk kayu cendana bahkan tidak hanya mengurangi friksi, tapi bisa mencerahkan kulit pantat yang terlanjur menghitam.

Cara lain untuk mencerahkan kulit pantat yang sudah menghitam adalah dengan mengoleskan bahan-bahan berikut ini, seperti dikutip dari Home Remedies for You, Kamis (7/4/2011).

  1. Perasan lemon
  2. Susu
  3. Jus timun
  4. Daun mint yang dilumatkan.
Bahan-bahan tersebut cukup dioleskan 2 kali sehari, lalu didiamkan paling tidak selama 10 menit sebelum dibersihkan kembali. Dalam beberapa hari, niscaya kulit pantat akan menjadi lebih cerah asal pemicunya yakni friksi yang konstan bisa dihindari.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search