Ilmuwan: Rahasia Umur Panjang Adalah Rajin Belanja

Diposkan oleh admin on Jumat, 08 April 2011

img
foto: Thinkstock
Zhunan, Taiwan, Kalau hanya ingin punya umur panjang, tak usah bingung memilih herbal atau ramuan tertentu yang belum tentu aman dikonsumsi. Menurut penelitian, rahasia umur panjang sebenarnya sangat sederhana yakni sering-sering pergi berbelanja.

Sedikitnya ada 3 alasan yang membuat hobi belanja bisa membuat seseorang awet muda dalam arti lebih jarang kena penyakit mematikan. Salah satunya adalah, belanja melibatkan aktivitas fisik karena harus berjalan kaki minimal menyusuri lorong-lorong supermarket.

Dibandingkan tidak pernah bergerak sama sekali, aktivitas fisik yang tergolong ringan ini tentu sangat bermanfaat. Berbagai penyakit serius mulai dari kegemukan hingga serangan jantung banyak dipengaruhi oleh faktor aktivitas fisik, yakni kurang banyak bergerak.

Alasan berikutnya menyangkut kesehatan mental, karena belanja umumnya bersifat rekreatif sehingga bisa meredakan stres. Makin rendah kadar stres, makin kecil risikonya untuk terkena serangan jantung maupun gangguan pola makan yang bisa memicu kegemukan.

Alasan terakhir adalah asupan nutrisi, karena seseorang yang rajin belanja cenderung memiliki lebih banyak stok makanan segar di rumahnya. Orang-orang yang jarang belanja mengandalkan makanan yang disimpan di lemari es, yang tidak segar dan kadang nutrisinya sudah berkurang.

Sebuah survei yang dilakukan oleh National Health Research Institutes di Zhunan, Taiwan membuktikan hal itu. Menurut survei yang melibatkan 1.850 responden itu, orang yang setiap hari belanja risikonya untuk mati muda 27 persen lebih rendah dari orang yang tidak pernah belanja.

Dari seluruh responden yang dilibatkan, 50 persen di antaranya tidak pernah atau sangat jarang pergi berbelanja. Sekitar 22 persen responden pergi belanja 2-4 kali/pekan dan sisanya 17 persen menyempatkan diri untuk pergi belanja setiap hari.

"Fakta ini sangat menyenangkan, tapi saya tidak akan menyimpulkan bahwa belanja bikin umur panjang. Karakteristik individual orang-orang yang hobi belanja lebih mempengaruhi umur panjang," ungkap Prof S Jay Olshansky dari University of Illinois seperti dikutip dari Healthday, Kamis (7/4/2011).

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...