GigaPan Time Machine, Mesin Waktu Buatan Google

Diposting oleh admin on Kamis, 28 April 2011

Google berhasil menciptakan mesin waktu yang bisa menjelajah waktu dengan resolusi tinggi. Seperti apa?

Para peneliti Robotics Institute Carnegie Mellon University memanfaatkan teknologi browser terbaru guna menciptakan GigaPan Time Machine, sistem yang memungkinkan pengguna menjelajahi gambar sekuens dan video definisi tinggi dengan skala gigapixel dengan perbesaran dan gerak kanan-kiri sambil bolak-balik melalui waktu.


Misalnya, pengguna bisa mengunjungi satu stan panorama di karnaval juga bisa kembali ke waktu stan itu dibuat. Atau, pengguna bisa melihat simulasi komputer awal semesta, menyaksikan karya gravitasi 600 juta tahun cahaya hingga berkondensasi menjadi filamen dan akhirnya menjadi bintang yang dapat diperbesar.

“Melalui GigaPan Time Machine, Anda bisa menjelajah ruang dan waktu pada resolusi sangat tinggi,” kata profesor robotika dan kepala Lab CREATE Illah Nourbakhsh. Ilmu pengetahuan selalu identik dengan penyempitan sudut pandang.

Namun, sistem ini memungkinkan untuk menangkap data dalam jumlah besar kemudian menjelajahinya dengan cara yang menakjubkan, lanjutnya Nourbakhsh.

GigaPans menggunakan fitur bahasa HTML5 yang dimasukkan ke dalam browser, seperti Google Chrome dan Apple Safari. HTML5 membuat browser mampu menampilkan konten video tanpa menggunakan plug-in seperti Adobe Flash atau Quicktime.

Setelah GigaPan Time Machine dibuat, pengguna bisa

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search