Yang Bikin Tidur Malam Tidak Pulas

Diposkan oleh admin on Rabu, 16 Februari 2011

img


Masalah tidur tidak hanya membuat orang lelah dan frustasi tapi juga mengancam kesehatan. Ini dia beberapa gangguan yang membuat seseorang tidak bisa tidur sepulas dan senyenyak bayi.

Kurangnya waktu tidur bisa membuat seseorang merasa lelah, capek dan mengantuk yang tidak wajar di siang hari. Para ahli mengungkapkan bahwa sebenarnya ada 89 gangguan tidur yang berbeda, tapi umumnya ada 7 gangguan yang paling umum terjadi di masyarakat seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (16/2/2011) yaitu:

1. Tidur tidak nyenyak atau gelisah
Kemungkinan penyebabnya adalah suhu kamar yang terlalu panas atau perasaan cemas sehingga menyebabkan tidur terganggu.

Dr Neil Stanley menuturkan suhu kamar yang terlalu panas akan membuat seseorang gelisah sehingga selalu bergerak untuk mencoba mendinginkan tubuhnya. Umumnya kondisi ini terjadi pada perempuan selama menopause dan siklus menstruasi karena meningkatnya suhu tubuh.

Untuk mengatasinya cobalah membuat temperatur di kamar senyaman mungkin. Jika udara terlalu dingin sehingga membutuhkan selimut atau pemanas, maka aturlah suhunya jangan terlalu tinggi karena tubuh akan selalu membakar kalori selama tidur yang membuatnya menghasilkan panas.

2. Pusing atau kepala puyeng saat bangun tidur
Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan rutinitas atau terlalu banyak tidur. Hal ini karena tubuh membutuhkan keteraturan dan ingin bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Jika rutinitas terganggu maka tubuh harus menghadapi adaptasi baru kembali, dan hal ini biasanya sering terjadi saat bangun tidur di senin pagi karena orang umumnya bangun lebih siang di akhir pekan.

Untuk mengatasinya adalah menerapkan pola tidur teratur bahkan saat akhir pekan. Kondisi ini akan membantu melakukan sinkronisasi dengan irama alami tubuh dan mencegah rasa pusing saat bangun tidur.

3. Berjalan atau berbicara saat tidur
Kemungkinan penyebabnya adalah pengaruh alkohol, obat, genetika atau sesuatu dalam pikiran seseorang yang memicu aktivitas di malam hari.

Kondisi ini terjadi karena bagian di otak seperti yang mengatur masalah kontrol dan navigasi masih tersadar ketika orang sedang tidur, serta pada anak-anak karena sistem sarafnya masih berkembang.

Untuk gangguan berbicara saat tidur seringkali tidak berbahaya, tapi jika berjalan saat tidur bisa membahayakan seperti terjatuh, tersandung dan terutama jika sampai keluar rumah.

Untuk mengatasinya cobalah menghindari pemicunya seperti alkohol, mengecek efek samping dari obat yang dikonsumsi dan mencaritahu apakah ada anggota keluarga lain yang seperti ini.

4. Gangguan tidur apnea
Kemungkinan penyebabnya adalah kelebihan berat badan atau mengalami kecemasan. Gangguan tidur ini biasanya ditandai dengan berhentinya napas sesaat tanpa disadari oleh orang tersebut.

Saat tidur saluran udara penderita ini mulai runtuh yang menyebabkan napas berhenti selama 10-60 detik, karena kadar oksigen dalam otak menurun membuat seseorang terbangun dan mulai bernapas lagi. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa tidak segar saat bangun tidur dan kelelahan sepanjang hari.

Jika kondisi ini berlangsung terus menerus dari minggu ke minggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat sehingga seseorang bisa bangun tidur dengan segar.

5. Terbangun di malam hari
Kemungkinan penyebabnya adalah karena perubahan suasana lingkungan, stres atau usia. Umumnya seseorang akan tidur dengan baik jika ia merasa nyaman dan aman, jadi jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran atau merusak lingkungan bisa membuat orang terbangun.

Untuk mengatasinya cobalah menghindari minum berlebih yang membuat kandung kemih penuh, serta menhindari konsumsi makanan berat sebelum tidur yang membuat tubuh harus mencerna.

6. Mimpi buruk
Stres kemungkinan besar menjadi faktor penyebabnya, meski kadang kejadian ini terjadi secara acak. Kondisi ini akan membuat seseorang terbangun dan tidur menjadi tidak nyenyak. Untuk mengatasinya cobalah melakukan beberapa teknik relaksasi sebelum tidur sehingga pikiran menjadi tenang.

7. Terlalu banyak tidur
Orang yang terlalu banyak tidur atau hipersomnia adalah suatu penyakit dan merupakan salah satu penanda kesehatan yang buruk. Kondisi ini terjadi pada tahap kronis depresi jangka panjang.

Untuk mengatasinya cobalah memperhatikan berapa lama waktu tidur yang dimiliki, jika tidur lama, tetap mengantuk di siang hari dan mengalami kesulitan untuk bangun segeralah konsultasikan ke dokter.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...