Jalan Kaki di Pagi Hari Bikin Segar Sepanjang Hari

Diposting oleh admin on Jumat, 18 Februari 2011

img
Beberapa orang lebih memilih untuk pergi ke pusat kebugaran atau ikut kelas aerobik yang mahal. Padahal olahraga berjalan kaki di pagi hari bisa memberikan manfaat lebih dan bikin tubuh segar sepanjang hari.

Berjalan adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan usia serta bisa dilakukan di mana pun tanpa memerlukan peralatan yang mahal.

Hal ini karena kesegaran yang didapatkan di pagi hari mulai dari udara dan lingkungan akan berdampak terhadap tubuh. Kondisi ini membuat tubuh siap melakukan berbagai aktivitas selama seharian.

Selain itu berjalan di pagi hari juga membuat paru-paru tubuh terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuh. Serta menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan juga jiwa.

Pikiran yang segar akan membuat suasana hati menjadi lebih baik yang secara otomatis akan memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi kesehatan. Serta gerakan tubuh yang melibatkan semua otot akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari berjalan di pagi hari adalah fleksibilitas tubuh karena terjadi peregangan otot secara ekstensif selama berjalan, mengurangi ketegangan pad atulang dan jaringan, meningkatkan kekuatan jantung serta membantu membakar lemak, seperti dikutip dari Healthwealth, Jumat (18/2/2011).

Sebelum melakukan jalan-jalan di pagi hari ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar bisa mendapatkan manfaat maksimal yaitu:

  1. Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan berat satu jam sebelum berjalan, karena mencerna membutuhkan energi yang banyak dari tubuh
  2. sehingga bisa membebani diri sendiri.
  3. Hindari jalan raya yang terlalu ramai, tapi carilah tempat yang teduh dan hanya sedikit kendaraan yang berlalu lalang sehingga bisa membuat pikiran santai serta mendapat oksigen lebih banyak.
  4. Variasikan rute berjalan setiap seminggu sekali sehingg tidak merasa bosan dan kegiatan ini bisa berlangsung lama.
  5. Jika memungkinkan cobalah memvariasikan berjalan dengan jalan cepat, misalnya 2 menit berjalan cepat lalu 2 menit kemudian berjalan seperti biasa.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search