Aspirin Bisa Jadi Obat Ketombe

Diposkan oleh admin on Kamis, 17 Februari 2011

img
Aspirin tidak hanya digunakan sebagai obat sakit kepala dan menghilangkan rasa sakit, tapi juga bisa digunakan sebagai obat penghilang ketombe. Bagaimana caranya?

Saat kulit ketombe membuat kulit kepala memanas, aspirin dapat membantu menghilangkan penumpukan ketombe.

Aspirin bisa jadi cara sederhana buatan sendiri yang efektif menghilangkan ketombe dalam beberapa hari pertama. Kulit kepala juga bisa bersih dari ketombe denga rutin mencuci kepala dengan aspirin.

Caranya, dengan menghaluskan dua tablet aspirin. Kemudian campurkan aspirin yang sudah halus dengan sampo biasa di telapak tangan. Oleskan pada rambut yang basah, pijat dan biarkan campuran tetap berada di rambut selama dua menit. Bila secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa bubuk aspirin yang tertinggal.

Ketombe adalah kondisi kulit yang gatal pada kulit kepala yang berkembang selama proses pertumbuhan normal sel-sel di kulit kepala.

Pada kulit kepala normal, sel-sel lama mati dan mengelupas sekitar setiap bulan dan sel-sel pengganti akan diproduksi dengan cepat. Tapi bila kulit kepala berketombe, sel kulit akan mengelupas sebelum mengalami kematian.

Selain aspirin, ada beberapa cara alami lain yang dapat membantu mengatasi ketombe, seperti dilansir Livestrong, Kamis (17/2/2011), yaitu:

1. Lidah buaya
Mengoleskan getah atau gel dari lidah buaya ke kulit kepala dan rambut selama 15 sampai 20 menit sebelum keramas dan mencuci rambut dengan sampo dapat membantu menjauhkan kulit kepala dari ketombe.

2. Tea tree oil
Tea tree oil memberikan alternatif alami sebagai anti bakteri dan anti jamur, menurut International Aromatherapy and Herb Association. Tambahkan beberapa tetes tea tree oil ke kulit kepala lalu keramaslah rambut seperti biasa.

3. Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat mengembalikan keseimbangan pH yang tepat untuk kulit kepala. Campus Barber di Duke University merekomendasikan membilas rambut dengan campuran 3 cangkir air hangat dan 1 cangkir cuka sari apel untuk menghalau ketombe. Pijat kulit kepala, biarkan selama 30 menit dan kemudian keramas seperti biasa.

4. Baking soda
Baking soda dapat meringankan rasa gatal akibat ketombe. Caranya, basahkan rambut dan gunakan sampo seperti biasa. Tuangkan sedikit baking soda ke telapak tangan, kemudian oleskan pada rambut yang basah. Bilas dengan air hangat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...