40 Bidan Jadi Duta Kontrasepsi Oral

Diposkan oleh admin on Jumat, 18 Februari 2011

img

Penggunaan kontrasepsi dikalangan perempuan semakin berkurang, untuk menggalakkannya kembali maka dipilihlah 40 bidan yang nantinya akan bertindak sebagai Duta Oral Contraception (Duta OC).

Duta OC adalah bidan dari berbagai wilayah di Indonesia yang dipilih bersama dengan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) di wilayah setempat. Kriteria yang harus dimiliki oleh Duta OC ini adalah anggota IBI yang aktif, bersedia melaksanakan aktivitas sebagai Duta OC serta memiliki kemampuan sebagai edukator dengan pendidikan minimal D3 kebidanan.

Bidan yang dipilih sebagai Duta OC ini juga memberikan edukasi kepada teman sejawat dan masyarakat mengenai pentingnya kontrasepsi sebagai sarana untuk merencanakan keluarga.

"Program Duta OC ini pertama kali diluncurkan tanggal 15 Februari 2008 dan memiliki masa tugas selama 1 tahun, karenanya untuk tahun ini merupakan pelantikan Duta OC angkatan ke 4," ujar Rusdi Yahya dari PT Bayer Indonesia.

Rusdi menuturkan pada tahun 2008 sudah dipilih 42 Duta OC, tahun 2009 dipilih 62 Duta OC, tahun 2010 dipilih 40 Duta OC dan untuk tahun 2011 ini dipilih sebanyak 40 Duta OC.

"Sejak tahun 2008-2010 Duta OC telah berhasil melakukan edukasi terhadap 16.382 bidan dan 34.735 perempuan di wilayah kerjanya. Tugas ini dilakukan disela-sela tugas utamanya sebagai bidan," ungkapnya.

Tema yang diangkat untuk tahun 2011 ini adalah 'Bidan sebagai Garda Depan KB Menuju Keluarga Sejahtera'. Dengan tema ini diharapkan lebih memantapkan peran bidan sebagai salah satu ujung tombak dari pelaksanaan program keluarga berencana.

"Bidan merupakan tenaga kesehatan yang ada di setiap tatanan pelayanan kesehatan bagi ibu, anak, perempuan dan juga keluarga berencana," ujar Dra Harni Koesno, MKM selaku Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...