Wah! Obat Maag dan Jerawat Punya Khasiat Lain

Diposkan oleh admin on Sabtu, 22 Januari 2011


img


Jakarta,
Khasiat suatu obat selalu dicantumkan di kemasannya, meski ada juga khasiat lain yang hanya bisa ditemukan dari pengalaman dan kreativitas pemakainya. Dengan khasiat tersembunyi tersebut, obat sehari-hari bisa digunakan untuk keperluan di luar indikasi sebenarnya.

Dikutip dari MSN Health, Sabtu (22/1/2011), berikut ini beberapa khasiat tersembunyi dari obat-obat bebas yang sering digunakan sehari-hari.

1. Obat maag untuk atasi gigitan serangga
Tidak semua jenis obat maag bisa digunakan untuk mengatasi gigitan serangga, hanya yang mengandung pereda nyeri seperti aspirin atau ibuprofen. Caranya dengan menggerus 1 tablet, lalu campurkan dengan sedikit air dan 1 sendok oatmeal hingga membentuk pasta, lalu oleskan di kulit.

Racikan sederhana ini sama ampuhnya dengan lotion khusus untuk gigitan serangga yang mengandung calamine. Kelebihannya, ramuan ini tidak mengandung seng oksida yang menyebabkan kulit kering.

2. Obat kumur untuk atasi athlete's foot
Jenis obat kumur yang mengandung alkohol bisa dimanfaatkan untuk mengatasi athlete's foot, yakni sejenis infeksi pada jari kaki. Alkohol merupakan pembasmi kuman, sehingga bisa mengatasi berbagai jenis infeksi di kaki termasuk kutu air.

Caranya mudah, cukup dengan mengompres jari dengan kapas yang sudah dibasahi obat kumur selama beberapa hari setiap habis mandi.

3. Obat asma semprot untuk mengatasi mimisan
Amy Sutton Peak, PharmD, pakar pengobatan dari Butler University mengatakan 60 persen pasien mimisan yang masuk Unit Gawat Darurat bisa diatasi dengan memberikan inhalasi oxymetazoline. Obat tersebut merupakan dekongestan atau pelega saluran napas yang digunakan dalam beberapa obat asma semprot.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan menghirup obat semprot lewat lubang hidung yang sedang berdarah. Setelah itu, tekan dengan jari sekurang-kurangnya selama 10 menit.

4. Obat jerawat untuk mengatasi ambeien
Jenis obat jerawat yang bisa digunakan untuk mengatasi ambeien atau hemorrhoid adalah krim witch hazel, yang merupakan ekstrak alami dari herbal Hamamelis Virginiana. Ekstrak ini bersifat menyerap cairan sehingga bisa menyusutkan pembuluh darah yang melebar di sekitar anus.

Witch hazel juga bisa menyebabkan iritasi jika dipakai di anus tanpa bahan tambahan. Untuk melembabkan kulit di sekitarnya, witch hazel harus dicampur dengan lemak vaselin atau lemak bulu domba (adeps lanae).

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...