Tangga Full Music yang Lebih Sehat Akan Gantikan Eskalator

Diposkan oleh admin on Minggu, 02 Januari 2011




London, Ada-ada saja cara pemerintah Inggris untuk mengolahragakan masyarakatnya. Agar warga tak terlalu mengandalkan eskalator, setiap anak tangga di tempat umum akan mengeluarkan musik berbeda tiap ada kaki yang menginjak sehingga jadi lebih menarik.

Terobosan ini pertama kali diterapkan di sebuah stasiun kereta di Stockholm, Swedia beberapa waktu yang lalu. Perusahaan mobil Volkswagen menyumbangkan teknologi 'tombol piano' yang dilengkapi sensor gerak di setiap anak tangga yang ada di tempat tersebut.

Ketika diinjak, tiap anak tangga akan mengeluarkan nada yang berbeda sehingga memberikan sensasi bermain musik bagi orang-orang yang melewatinya. Mungkin agak berisik saat banyak yang melintas, namun tentu lebih menyenangkan dibanding mendengar suara orang mengeluh kecapekan.

Terobosan ini cukup efektif meningkatkan minat masyarakat untuk beralih dari tangga berjalan atau eskalator maupun lift, lalu menggunakan tangga manual yang lebih sehat. Sejak menggunakan teknologi tersebut, tingkat penggunaan tangga manual di stasiun meningkat 66 persen.

Sukses di Stockholm membuat pemerintah Inggris berniat menerapkan teknologi serupa. Pemerintah melalui Behavioural Insights Team tengah merancang sebuah konsep penyehatan masyarakat yang berisi terobosan-terobosan baru termasuk tangga penerapan full musik seperti di Stockholm.

"Membuat anak tangga menjadi lebih menarik perhatian dapat meningkatkan motivasi warga untuk lebih banyak bergerak," ungkap juru bicara tim dalam sebuah laporan seperti dilansir dari Telegraph, Minggu (2/1/2011).

Terobosan lain yang akan dilakukan pemerintah Inggris adalah memberikan garis penanda berwarna kuning yang mencolok pada counter buah dan sayuran di pusat-pusat perbelanjaan. Harapannya warga lebih tertarik membeli buah dan sayuran yang kaya serat untuk mengimbangi konsumsi daging dan makanan-makanan tinggi kalori.

Selain itu, murid sekolah akan dipasangi sensor untuk mengukur berapa jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki dari rumah ke sekolah. Murid yang berjalan kaki lebih jauh dibanding naik bus sekolah akan mendapat reward atau hadiah tertentu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search