SBY Siregar, Ibu Ani Pohan

Diposkan oleh admin on Selasa, 18 Januari 2011


Headline




terselubung.co.cc, Jakarta - Lembaga Adat Batak Angkola akan memberikan gelar kehormatan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Selain gelar kehormatan, SBY memperoleh 'nama tambahan' Siregar. Sedangkan Ibu Ani mendapat Pohan. 'Nama tambahan' tersebut terlihat dalam rilis yang diterima wartawan dari panitia melalui Biro Pers Istana.

Dituliskan dalam rilis, 'Gelar kehormatan SBY, Dr H Susilo Bambang Yudhoyono Siregar, gelar Patuan Sorimulia Raja'. Patuan artinya, gelar kehormatan tertinggi Batak Mandailing, dalam bahasa Indonesia artinya Paduka Tuan. Sori artinya memberikan kemakmuran, keteladanan dan kenyamanan. Mulia artinya dihormati atau dimuliakan. Raja artinya pimpinan dalam acara adat.

Untuk Ibu Ani dituliskan dalam rilis, 'Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono Pohan, gelar Naduma Harungguan Hasayangan'. Naduma artinya gelar kehormatan bagi istri atau permaisuri. Harungguan artinya kesatuan, dan Hasayangan panggilan dan penyayang kepada sesama.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan Museum Batak di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa.

Presiden menuju Balige dengan menggunakan pesawat kepresidenan. Pesawat itu tinggal landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 07.30 WIB.

Ibu Ani Yudhoyono mendampingi presiden dalam kunjungan kerja itu. Sejumlah menteri dan pejabat terkait juga ikut dalam kunjungan.

Presiden dijadwalkan meresmikan Museum Batak yang berada di komplek TB Silalahi Centre, Balige, Toba Samosir. Di Museum Batak, Presiden akan menerima gelar kehormatan dari Lembaga Adat Batak Angkola. [bar]

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...