Kebiasaan Saat Flu yang Belum Teruji Manjur

Diposkan oleh admin on Sabtu, 01 Januari 2011

img


Jakarta, Flu rajin muncul saat musim pancaroba atau musim hujan. Saking seringnya terjadi dan bisa menyerang siapa saja, orang pun akhirnya terbiasa melakukan hal-hal yang dianggap manjur melawan flu.

Meski bukan penyakit serius tapi gejala flu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dan untuk melawan flu beberapa cara dilakukan orang yang sangat dipercaya bisa mengobati flu.

Sayangnya cara-cara itu belum teruji kemanjurannya. Lima kebiasaan yang banyak dipercaya orang itu seperti dilansir Health.com, Jumat (31/12/2010):

1. Sup ayam bisa menyembuhkan flu
Kebiasaan ini banyak dipercaya masyarakat, terutama di negara-negara yang sering dilanda flu dan alergi. Kebiasaan ini sebenarnya untuk menghambat terjadinya peradangan atau inflamasi, tapi banyak orang menganggapnya bisa meredakan flu.

Hal ini karena asam amino sistein yang dibebaskan saat ayam dimasak menyerupai zat kimia asetilsistein. Sedangkan kaldu ayam yang ditambah rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang bombay dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Banyak makan saat flu bisa mempercepat penyembuhan
Flu seringkali membunuh selera makan seseorang, sehingga banyak orang yang menyarankan untuk banyak makan agar mempercepat proses penyembuhan. Benarkah demikian?

Secara ilmiah, bukan banyak makan yang mempercepat penyembuhan flu, melainkan kalori yang cukup dari makanan sehat dan bergizi tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Orang akan kena flu jika tak pakai jaket saat udara dingin
Pilek dan flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan banyak menyebar di musim dingin. Alasan utamanya bukan karena tak pakai jaket saat udara dingin, tetapi karena kekebalan tubuh yang menurun.

Bila selama musim dingin Anda selalu makan sehat dan tetap melakukan aktivitas fisik, maka Anda tidak hanya akan terhindar dari serangan flu tetapi segala macam penyakit, meski tidak menggunakan jaket.

4. Mengoleskan balsem hangat di kaki bisa meradakan flu
Pada tahun 2007, banyak beredar kabar yang menyatakan bahwa mengoleskan balsem hangat pada kaki di malam hari dan menutupnya dengan kaos kaki dapat menyembuhkan pilek dan flu.

Namun Canada Research Council menyatakan tidak ada hubungannya antara balsem di kaki dengan penyembuhan flu. Balsem hangat biasanya dioleskan ke dada atau tenggorokan dimaksudkan untuk meringankan gejala flu dengan menghirupnya, sehingga melegakan membantu mengurangi hidung tersumbat dan gangguan pernapasan yang terkait dengan pilek dan flu.

5. Rambut basah di udara yang dingin bisa bikin flu
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa flu disebabkan oleh virus, jadi tidak ada hubungannya antara rambut basah dengan flu. Tetapi lain hal ketika Anda mengalami hipotermia (menurunkan suhu tubub secara drastis). Hipotermia bisa membuat Anda menjadi lebih rentan terhadap infeksi, sehingga rambut atau pakaian yang basah dapat meningkatkan kerentanan tersebut.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search