Agar Anak Kebal Penyakit di Musim Hujan

Diposkan oleh admin on Kamis, 16 Desember 2010

Terselubung.co.cc -Musim hujan lazim mendatangkan penyakit seperti pilek dan influensa. Bagaimana cara melindungi buah hati agar tak terjangkit virus penyakit musim hujan?

Dokter Paul Offit, Kepala Departemen Penyakit Menular di Rumah Sakit Anak Philadelphia menyatakan, sebenarnya tak ada cara yang benar-benar mampu melindungi anak dari virus. Berbagai virus musim hujan ditularkan lewat udara. Jika anak balita bernapas tiga meter dari orang yang sakit, ia dapat dengan mudah menderita sakit serupa.

Menurut Offit, bahkan menjauhkan anak, terutama bayi, dari orang yang mengalami gejala flu seperti bersin, batuk dan demam tidak menjamin si kecil tidak akan terjangkit.

Namun, ada beberapa langkah sederhana untuk membantu melawan penyebaran kuman dan menjaga agar anak tetap sehat seperti dikutip dari Babycenter.

- Cuci tangannya dan tangan Anda
Mencuci tangan secara teratur adalah cara paling sederhana dan paling efektif untuk menyingkirkan kuman flu dan pilek. Cuci tangan sebelum memegang bayi, dari bepergian di luar rumah, setelah memakaikan popok dan sebelum makan atau menjemputnya dari penitipan anak.

Rajin-rajinlah mencuci tangan anak, terutama yang masih suka memasukkan tangan dan segala sesuatu dalam mulutnya. Jangan lupa terus mengingatkan pengasuh termasuk saudara-saudaranya untuk melakukan hal yang sama. Gunakan sabun antibakteri yang dapat mematikan kuman dari permukaan kulit.

Jika Anda menitipkan anak di penitipan bayi, pastikan cuci tangan diwajibkan di tempat itu. Dan, pemisahan antara anak yang sehat dan sakit.

- Pastikan anak mendapat vaksinasi
Vaksin influensa berfungsi melindungi anak dari virus flu. Beri anak vaksin ini enam bulan sekali.

- Meningkatkan daya tubuhnya secara alami
Agar daya tahan tubuhnya optimal, bagi bayi di bawah enam bulan, ASI adalah makanan terbaik untuk daya tahan dan imunitas terhadap penyakit. Susui bayi Anda sesuai permintaannya. Jika bayi telah makan makanan tambahan (MPASI), pastikan ia mendapat semua makanan sehat. Perbanyak asupan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A, C, D, E, omega 3 serta makanan sehat lainnya.

Pastikan si kecil cukup tidur serta melakukan aktivitas fisik yang cukup setiap hari

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search