Waspadalah! Abaikan Bila Terima SMS/BBM Hoax Gempa

Diposkan oleh admin on Kamis, 11 November 2010

JAKARTA - Warga masyarakat diminta untuk mengabaikan setiap pesan singkat yang beredar melalui layanan SMS maupun Blackberry Mesengger.


'Abaikan Hoax SMS dan BBM Gempa. Namun Tetap waspada,' kata anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi kepada okezone, Senin (8/11/2010).


Seperti diketahui, banyak oknum yang mencoba memanfaatkan situasi bencana dengan menyebarkan kabar-kabar yang belum diketahui kebenarannya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri telah membantah beredarnya isu melalui SMS dan BBM yang mengatasnamakan dari seorang pegawai BMKG dan menginformasikan bahwa akan ada gempa bumi melanda pantai selatan Jawa dari tanggal 8-11 November 2010


'BRTI menilai informasi yang tidak valid dan tidak dapat dipercaya sumbernya merupakan hoax, yang bertujuan hanya untuk menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Sebab sampai saat ini tidak ada yg dapat memastikan kapan gempa tepatnya akan terjadi,' kata Heru.


Namun begitu, Heru mengingatkan dalam kondisi bangsa dan negara yang sedang mengalami berbagai bencana, hendaknya masyarakat tetap waspada.


'Kewaspadaan tetap diperlukan jika sewaktu-waktu ada kejadian di luar kendali manusia. Namun, tetap harus mengacu pada informasi resmi yang terjadi dengan hal tersebut, dari instansi terkait,' tandas Heru.


http://www.google.com/reader

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search