Tips Praktis Mencegah Keputihan

Diposkan oleh admin on Rabu, 24 November 2010

Jakarta, Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.



Banyak wanita mengeluhkan keputihan. Sangat tidak nyaman: gatal, berbau, bahkan kadang perih. Tapi tahukah anda bahwa penyebab keputihan adalah dari kebiasaan sehari-hari kita. Berikut tips untuk menghindari keputihan:


  1. Bersihkan organ intim dengan pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu (agar tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina).
  2. Hindari pemakaian bedak pada organ wanita, karena akan mengundang jamur dan bakteri.
  3. Selalu keringkan bagian vagina sebelum bepakaian.
  4. Gunakan celana dalam yang kering. Bila lembab atau basah, usahakan mengganti dengan yang kering.
  5. Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun. Hindari bahan dari satin dan bahan sintetik lain, karena akan menyebabkan suasana di sekitar organ intim panas dan lembab.
  6. Pilihlah pakaian luar (celana atau rok) dari bahan non-jeans, karena bahan jeans pori-porinya rapat sehingga tidak ada sirkulasi udara di sekitar organ intim.
  7. Saat haid, sering-seringlah ganti pembalut.
  8. Gunakan panty liner di saat perlu saja, jangan terlalu lama. Misal saat bepergian saja dan lepaskan setelah sampai rumah.
sumber : wihans.web.id


Baca Selengkapnya Disini : http://www.terselubung.co.cc

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...