Pendarahan Hidung Pada Ibu Hamil

Diposkan oleh admin on Senin, 22 November 2010

Pendarahan Hidung Pada Ibu Hamil
PENDARAHAN hidung atau mimisan dapat terjadi kepada siapa saja. Tapi mimisan pada ibu hamil terutama ibu hamil tua perlu mendapat penangan yang cepat dan tepat.

Bila penanganan mimisan terlambat dilakukan terhadap ibu hami, akan berdampak pada perkembangan dan kesehatan janin.

Mimisan pada wanita hamil antara 6-8 bulan baik yang disebabkan keadaan iklim, gangguan angionourosis, kejang pembuluh darah hidung, hypertensi maupun traumatologi yang mengakibatkan darah ke luwar dari lobang hidung, yang alirannya kadang-kadang berhenti kadang keluwar.

Gangguan tubuh ini merupakan indikasi massage. Artinya penyembuhan penyakit ini dapat di upayakan dengan massage. Sebelum dipijat terlebih dahulu usahakan agar aliran darah berhenti.

Caranya: Tutuplah lobang hidung dengan kapas atau kain yang tipis dan bersih, boleh juga dengan daun sirih atau daun pisang muda. Kompres dahi, daerah kepala dan tengkuk dengan handuk dingin atau es selama 15 menit.

Sesudah pendarahan terhenti baru kemudian terapi massage bisa dilakukan. Yaitu dengan meningkatkan rangsang pada simpul saraf di pusat saraf. Yaitu saraf kepala dan saraf hidung.

Gerakan pijatan dikerjakan secara lembut dan mengarah point penyembuhan. Mimisan diurut dengan jari telunjuk, jari tengah membantu di atasnya, 3 titik nyeri disisi tulang hidung dan dilanjutkan friction dengan jari telunjuk dari atas ke bawah, kiri dan kanan.

Urut dengan ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan dengan variasi meremas-remas cuping hidung sampai aliran darah berhenti. Kemudian menepuk-nepuk varicaling dengan telapak tangan di seluruh kepala depan dan dahi.

Pijatlah dengan ibu jari dan jari telujuk tangan ujung-ujung jari kaki kemudian di jepit, tarik dan tiba-tiba lepaskan 1 persatu. Akhirnya tekan, pijat dengan ibu jari, tekanan dengan ibu jari tangan kanan, di titik nyeri pertemuan tulang leher dan pangkal tulang kepala dan tangan kiri memegang dahi. Dosis secukupnya sampai pendarahan berhenti.

Apabila mimisan terjadi pada wanita yang menyusui, massage pengobatan tambahkan vetre sagge dan fricsion dengan ibu jari tangan, 5 titik nyeri tulang pinggang ruas ke I sampai ke V dan III titik nyeri di atas kelangkang dari atas ke bawah kiri dan kanan dosis secukupnya.

Pengobatan gangguan infeksi seperti ini dilakukan 2 hari sekali selama 15 hari. Pijatan penyembuhan akan maksimal apabila setiap gerakkan manipulasi di sertai teknik pijatan yang betul dan baik.


terselubung.co.cc

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search