Minum Soda Saat Dahaga Bisa Membahayakan Kesehatan!!

Diposkan oleh admin on Selasa, 30 November 2010



Minum  Soda Saat Dahaga Bisa Membahayakan Kesehatan!!

SEJUMLAH orang akan memilih minuman soda atau soft drink saat sedang haus. Jika Anda termasuk orang jenis ini, maka segeralah menghentikan kebiasaan ini. Karena minum soda saat haus tidaklah baik.

Laman eMedexpert, menyebutkan, meminum minuman soda saat haus memang bisa memuaskan rasa haus. Tapi justru menjadi waktu yang paling buruk untuk minum soda. Hal ini karena saat sedang haus atau dehidrasi tubuh memiliki kadar air liur yang rendah.

Padahal salah satu fungsi dari air liur adalah untuk membantu menetralkan asam yang terkandung di dalam soda. Serta berfungsi untuk mencuci gigi dari kandungan gula yang terdapat di dalamnya.

Soda adalah salah satu minuman paling asam yang mudah dibeli oleh masyarakat. Selain itu sirup yang terkandung di dalam soda juga bisa membuat mulut menjadi kering dan membuat kadar air liur semakin berkurang serta meningkatkan rasa haus. Dan minuman yang sarat akan gula serta kafein bisa meningkatkan osmolalitas darah.

Jika soda tersebut mengandung kafein maka akan menambah efek buruknya, karena kafein merupakan salah satu diuretik. Sifat diuretik ini membuat air di dalam tubuh lebih banyak yang keluar melalui urine. Jika tak diimbangi dengan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi.

Sebaiknya seseorang jangan terlalu sering mengonsumsi soda, karena bisa membuat ketagihan yang nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi orang yang sudah kecanduan bisa mengonsumsi soda beberapa kali dalam sehari yang justru menimbulkan efek berbahaya. Karenanya kebiasaan minum soda sebisa mungkin mulai dikurangi atau dihentikan.

Untuk itu minum soda saat sedang haus tidak akan memberi efek banyak dalam mengatasi dahaga tersebut, tapi justru bisa membuat seseorang merasa lebih haus lagi. Salah satu cairan yang paling baik diminum saat haus adalah segelas air putih yang bisa mengganti cairan di dalam tubuh.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...