Inilah Komputer Tercepat di Dunia Yang Dimiliki Cina

Diposting oleh admin on Kamis, 04 November 2010

Cina baru saja merilis sebuah perangkat komputer super. Mereka mengklaim komputer ini merupakan komputer tercepat di dunia, dan menunjukkan upaya mereka untuk menjadi yang terdepan dalam bidang teknologi. Perangkat komputer super ini dikembangkan National University of Defense Technology, sebuah akademi kemiliteran China.

Komputer Cina Tianhe-1 diyakini telah memecahkan rekor komputasi
Komputer Cina Tianhe-1 diyakini telah memecahkan rekor komputasi

Perangkat komputer ini tercatat menduduki peringkat ke empat dalam daftar 500 komputer super tercepat di dunia. Xinhua, Jumat (30 /10 /2009) melansir, komputer yang diberi nama Milky Way (Tianhe-1) ini secara teori dapat menampilkan lebih dari satu juta kalkulasi per detik dahsyat! Untuk itu, Milky Way sangat cocok digunakan untuk kepentingan penghitungan biomedis, memproses data seismik selama pengeboran minyak bumi, juga untuk merancang berbagai mesin yang digunakan di luar angkasa.

Superkomputer tercepat di dunia (sementara)

Nama Puncak kecepatan komputasi (pflops) Processor Situs, negara
Tianhe-1 2.507 NVidia Pusat Nasional untuk Supercomputing, Cina
Jaguar 1.75 Cray Xt5 Laboratorium Nasional Oak Ridge, AS
Roadrunner 1.042 BladeCenter Los Alamos National Laboratory, AS
Kraken 831.70 Cray XT5 Lembaga Ilmu Pengetahuan Nasional Komputasi, AS
Jugene 825.50 Blue Gene Jülich Pusat Penelitian, Jerman
Pleiades 772.70 SGI Altix ICE Pusat Penelitian Ames NASA, US
Blue Gene 478.20 eServer Blue Gene Laurence Livermore Lab, AS
Pemberani 458.61 Blue Gene Laboratorium Nasional Argonne, AS
Red Sky 433.50 Sun Constellation Sandia National Laboratories, AS





Mesin, dirancang oleh China National University Teknologi Pertahanan, ditempatkan di kota pelabuhan utara Tianjin, di mana telah digunakan selama ini untuk proses pola cuaca untuk biro meteorologi kota, dan untuk nomor krisis untuk industri minyak.

Milky Way yang menelan dana sekira US88 juta ini memiliki lebih dari 11.000 mikroprosesor Intel dan Advanced Micro Devices. Salah satu tim perancang komputer menyebutkan, Milky Way akan segera dipindahkan ke pusat komputasi super di Tianjin akhir tahun ini. Secara terpisah, Pemerintah China juga merancang komputer super jenis petaflop yang akan segera dirilis tahun depan. Rencananya, komputer ini akan menggunakan CPU Godson CPU yang dikenal juga dengan nama Loongson, yaitu chip lokal yang dirancang atas sumbangan dana Pemerintah China.


http://www.google.com/reader

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search