Cali, Si Kuda Poni yang Bantu MahasiwaTunanetra

Diposkan oleh admin on Jumat, 19 November 2010

[Image:  mona_ramouni_kiri_dan_cali_101116121236.jpg]

Mona Ramouni (kiri) dan cali


MICHIGAN--Ada 'mahasiswa' luar biasa yang selalu menyertai Mona Ramouni kuliah, Cali. Kuda poni ini telah bertahun-tahun menjadi sahabat Mona, seorang Muslimah tunanetra. Dia selalu ada di samping sang pemilik saat mengikuti perkuliahan -- bahkan menyimak takzim Mona yang mencoret-coret dengan perangkat Braille-nya.


'Apa pendapatmu, Cali?' tanya Professor Shelley Smithson bergurau, diiringi tawa mahasiswa di ruangan itu, termasuk Mona. Siang itu, Cali menyertai Mona mengikuti mata kuliah teori konseling dan prikoterapi.


Cali adalah satu dari beberapa hewan terlatih di AS yang khusus diperuntukkan membantu para tunanetra. Umumnya, hewan yang dimanfaatkan untuk keperluan itu adalah anjing. Namun kali ini, pilihan Mona tidak biasa: seekor kuda poni.


Sudah tiga bulan ini dia selalu hadir di Michigan State University hampir tiap hari, menemani Mona kuliah. Universitas ini memiliki pusat yang diakui secara internasional yang membantu mahasiswa dan karyawan yang mengalami kecacatan fisik untuk mengembangkan potensi mereka.


Semula, kehadiran Cali dikhawatirkan banyak pihak bakal membuat gangguan dan menjadikan suasana kampus berantakan. Namun diluar dugaan, kuda coklat kecil dengan surai hitam mengkilap ini sangat rapi dan bahkan bisa bergaul dengan anjing pemandu dari salah satu teman sekelas Mona."





http://www.google.com/reader

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...