Browsing Internet dengan Melambaikan Tangan

Diposkan oleh admin on Senin, 29 November 2010

Sekelompok mahasiswa di laboratorium Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan cara baru untuk melakukan browsing internet. Mereka tak perlu lagi menggunakan mouse atau menekan tombol-tombol di keyboard, cukup dengan melambaikan tangan.

Seperti dilansir Endgadget, Jumat (26/11/2010), dengan bantuan DepthJS, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam kelompok bernama Fluid Interface Group (FIG) ini mengakali pengontrol gerak game Kinect Microsoft, browser Chrome dan Javascript untuk memungkinkan peselancar internet memanipulasi browser bekerja atas perintah yang datang dari gerakan tangan.

DepthJS adalah sebuah web browser extension yang memungkinkan halaman web apapun dapat berinteraksi dengan Kinect Microsoft melalui Javascript.

"Menavigasikan web hanyalah salah satu kerangka aplikasi yang kami buat. Kami membayangkan semua aplikasi yang berjalan di browser, mulai dari game hingga utilitas khusus untuk situs tertentu," kata FIG melalui websitenya.

Dalam demo yang direkam menjadi sebuah video, tampak para mahasiswa melakukan browsing internet dan membuka halaman web dengan melambaikan tangan, kemudian menelusuri setiap halaman dengan berbagai gerakan tangan seperti mengepal dan mengibas.

Dengan cara yang ajaib itu, mereka bisa berselancar di internet sama seperti ketika menggunakan bantuan mouse dan keyboard. Membuka browser, mengecilkan dan membesarkan halaman, mengklik tautan dan melakukan scroll, semuanya dikontrol dengan gerakan tangan.

"Bagian paling mengesankan adalah bahwa pengembang web yang memiliki spesialisasi dalam Javascript saat ini bisa bekerja dengan Kinect tanpa harus mempelajari kode atau bahasa pemrograman khusus. Kami percaya, ini akan menjadi serangkaian bentuk interaksi baru di luar apa yang pertama kali kami kembangkan," tandas FIG.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search