Aneh, Transplantasi Gigi Sembuhkan Kebutaan

Diposting oleh admin on Senin, 29 November 2010



Martin Jones tak bisa menutup bahagianya ketika penglihatannya pulih. Selama 12 tahun, ia mengalami kebutaan. Bahkan selama itu, pria 42 tahun ini tak pernah melihat wajah istri yang dinikahinya empat tahun lalu.

"Aku bertemu dengan istriku saat buta. Ketika aku tahu ada kesempatan untuk bisa mengembalikan penglihatan, istriku adalah orang yang pertama ingin aku lihat," kata Jones seperti dikutip dari laman Telegraph.

Pria yang berprofesi sebagai tukang bangunan ini mengalami kebutaan akibat ledakan bak aluminium putih ketika sedang bekerja. Ia menderita luka bakar 37 persen. Matanya buta dengan kondisi mata kiri hancur.

Jones baru bisa melihat kembali setelah melakukan transplantasi gigi. Melalui operasi yang memakan waktu selama delapan jam, satu gigi depan Jones dicabut untuk digunakan sebagai lensa di mata kanannya.

"Aku merasa sangat bahagia penglihatanku bisa kembali. Aku tidak bisa menggambarkannya, tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Aku buta selama 12 tahun, saat penglihatanku kembali semuanya berubah," Jones menambahkan.

Adalah Christopher Lui, ahli bedah kornea, Sussex Eye Hospital, Brighton, yang melakukan transplantasi gigi revolusioner itu. Ia mengambil satu gigi taring Jones yang diubah menjadi dudukan khusus untuk lensa optik, dengan pengeboran lubang di dalamnya.

Lui kemuian memasukkan gigi itu ke dalam pipi selama tiga bulan untuk menumbuhkan jaringan baru dan pembuluh darah. Prosedur selanjutnya adalah melakukan operasi rumit untuk memasukkan 'gigi' itu ke bola mata Jones.

"Saat aku dengar pertama kali teknik tersebut aku tidak percaya. Begitu juga teman-temanku. Tetapi ketika aku melepaskan kacamata, Oh Tuhan, mataku seperti dalam film sains fiksi, mereka pun percaya aku bisa melihat," ujar Jones

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search