Ada Pisang Aneh di Jambi

Diposting oleh admin on Jumat, 29 Oktober 2010

JAMBI-Subhanallah, sebuah batang pisang robek dan memunculkan satu tandan buah pisang. Munculnya setandan pisang itu tak lazim karena biasanya berada di pucuk batang.


Tak pelak, batang pisang milik Mahrum, warga Kelurahan Suka Karya, Telainaipura, Kota Jambi itu menjadi tontonan banyak orang. Mereka pun kaget melihat buah aneh itu.


Mahrum mengaku, menanam pisang itu pada setahun yang lalu. Ketika muncul kembang pisang di tengah batang, Mahrum masih tidak terlalu memperhatikan.


Namun lama-lama, membesar menjadi jantung dan melahirkan buah. Mahrum pun mulai meliriknya. Apalagi munculnya buah pisang aneh ini lebih menonjol dibanding batang pisang-batang pisang di kebunnya.


'Waktu pertama saya lihat pas saya lagi siap-siap mencuci sepeda motor. Waktu mau pasang selang air, saya lihat di samping rumah, kok ada bunga di batang pisang. Saya dekati, ternyata bukan bunga tapi jantung dan buah pisang yang muncul di tengah batang,' kata Heri, anak Mahrum yang mengaku pertama kali melihatnya pada 10 Oktober 2010.


Dikatakan Heri, tidak ada firasat atau apapun mengenai keberadaan pisang aneh tersebut. Ia juga mengaku, pohon pisang yang berbuah tidak normal seperti tanaman pisang miliknya itu, sering terjadi. Meskipun diakuinya tumbuhnya buah pisang yang ditengah batang itu adalah hal yang biasa. Menurutnya, saat ini sudah banyak hal-hal aneh yang terjadi termasuk tanaman pisang yang tumbuhnya tidak normal itu.


Mahrum mengatakan tanaman pisang itu tidak akan ditebangnya. Bahkan, buah pisang yang tumbuh di tengah batangnya tersebut, takan akan dikonsumsi. Sebab diakuinya, buah pisang yang biasa disebut pisang batu itu tumbuh tidak bagus.


'Kalau mau, datang saja pas buah pisangnya nanti sudah kuning. Biarlah sampai masak pisangnya. Mungkin pisang itu berbuah seperti itu karena tanahnya yang kurang bagus,' kata Heri yang ditemui Minggu (24/10/2010).


Kasus pisang aneh memang sering terjadi di Jambi. Sebelumnya ditemukan pisang bertandan tujuh milik warga bernama Jauhari (78) di RT 01 RW 05 Desa Muara Sebapo, Kecamatan Mestong.


Kemudian tidak jauh dari itu, ternyata tidak jauh dari tempat itu ditemukan dua pohon pisang ajaib. Satu pohon pisang memiliki cabang tiga, sedangkan satu lagi memiliki cabang dua.


Keberadaan pohon pisang yang bercabang itu, menurut Jauhari, letaknya tidak jauh dari rumah miliknya, atau sekitar 400 meter, persis di samping lapangan Desa Muara Sebapo.


Dia pertama kali diberitahu oleh seorang tetangganya jika selain pisang miliknya, di desa itu juga terdapat pisang aneh lainnya. Kemudian karena penasaran maka ditengoklah pohon pisang bercabang tersebut, dan ternyata memang memiliki cabang dan tidak selazimnya pohon pisang yang memiliki batang pohon satu

http://www.google.com/reader

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search