Wanita Tertua Dunia Lahirkan Kembar Tiga

Diposting oleh admin on Rabu, 16 Juni 2010



HARYANA, KOMPAS.com - Bhateri Devi (66), asal India ini mungkin akan menjadi wanita tertua di dunia yang melahirkan kembar tiga setelah perawatan IVF, di National Fertility Centre di Haryana.

Devi melahirkan dua anak laki-laki dan satu perempuan - kini dirawat di ruang perawatan intensif setelah proses kelahiran yang sangat berbahaya ini.

Devi menerima perawatan IVF di National Fertility Centre di Haryana - di mana ibu tertua di dunia, Rajo Devi Lohan, juga melakukan perawatan yang sama.

Namun, kata dokter si kembar tiga ini lahir dengan berat di bawah normal, 1,078 Kilogram, 1,021 Kilogram, 0,653 Kilogram. Kini ketiganya dipantau di unit perawatan intensif.

Sementara Lohan (72) yang melahirkan 18 bulan lalu saat berusia 70, saat ini dalam kondisi kritis karena berusaha memiliki bayi dalam usia yang telah lanjut. Beberapa pihak sempat mengkritisi lembaga ini yang mengizinkan wanita usia 70 tersebut hamil dan melahirkan anak.

Namun, pejabat departemen kesehatan pusat bangga dengan raihan prestasi terbaru mereka. 'Akta kelahiran yang dikeluarkan rumah sakit pemerintah di distrik Rohtak, menunjukan Bhateri Devi lahir pada 21 Mei 1944, di desa Madinah, Rohtak. Akta kelahiran adalah otentik. Sehingga Devi layak dinobatkan sebagai ibu tertua di dunia yang melahirkan kembar tiga,' kata Dr. Anurag Bisnoi, yang mengawasi persalinan Devi.

'Bhateri Devi datang kepada kami untuk melakukan perawatan. Dia telah menjadi ibu untuk pertama kalinya melalui teknik IVF. Selama dua usaha pertama, hanya dua embrio yang ditransfer pada setiap siklus,' katanya.

'Tapi dalam usaha ketiga, tiga embrio ditransfer di rahimnya. Kelahiran ketiga anak Devi dilakukan melalui operasi caesar,' katanya.

Deva Singh (64) Suami Devi, yang telah dinikahi selama 44 tahun, mengaku sangat bahagia menyambut kelahiran ketiga anak kembarnya. 'Inilah saat yang saya tunggu, menjadi ayah untuk pertama kalinya. Devi telah memenuhi impian saya untuk memiliki anak-anak dan keluarga saya memberikan ahli waris,' kata Deva Singh.

'Dia adalah istri pertama saya dan setelah ia gagal untuk hamil, aku sudah menikah dua kali tapi sekali lagi saya tidak punya anak lain selain istri saya juga. Saya sangat bahagia dan saya akan memberikan semua fasilitas terbaik untuk anak-anak saya di masa mendatang,' tambah Singh.

Pada November 2008, Lohan (70) menjadi bahan pemberitaan, setelah melahirkan bayi perempuan melalui teknik IVF di pusat fertility yang sama. Dia dan suami Balla (73), yang hanya seorang petani berpendidikan rendah ini mengaku tidak memahami risiko jika memiliki bayi pada usia tua.


sumber : kompas.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search