Pekerjaan Unik Merawat Pohon

Diposting oleh admin on Senin, 28 Juni 2010

Beberapa profesi yang ada di masyarakat sangatlah tidak biasa. Oded Yaffe adalah seorang analis penyakit pohon dan tanah, yang telah merawat pohon di seluruh Israel.

Bagaimana profesi ini terbentuk?

[Oded Yaffe, Diagnostik Penyakit Pohon dan Analis Tanah]:
”Ketika kecil saya suka bermain di ladang, dan bahkan mandi di sana ketika ibu saya menyirami ladang itu. Sejak 65 tahun yang lalu, saya melihat bagaimana ibu dan ayah merawat pohon-pohon disana. Semua keluarga saya pun melakukan pekerjaan ini.”

Oded adalah orang pertama yang dipanggil ketika ada pohon sakit. Banyak pohon hasil impor dari negara lain yang menghadapi masalah iklim di Israel. Oded tidak hanya dimintai bantuannya oleh para petani, tetapi juga oleh para penduduk setempat.

[Oded Yaffe,Diagnostik Penyakit Pohon dan Analis Tanah]:
'Sebuah pohon sangatlah penting karena ia menghubungan kita dengan bumi. Pohon adalah bayangan, kehidupan, kebahagiaan dan penghijauan. '

'Ada sebuah keluarga yang menanam pohon atas nama anaknya, di hari ketika putra mereka meninggal. Beberapa tahun kemudian pohon itu jatuh sakit dan mereka mengundang saya untuk merawat pohon itu. Sampai saat ini saya terus berhubungan dengan pohon dan keluarga itu. Di keluarga lain, seorang kakek menanam pohon saat cucunya lahir. Sekarang anaknya sudah menjadi tentara tapi pohon itu terlihat tidak sehat. Ibunya segera memanggil saya karena pohon itu mewakili anak dan kakeknya.'

Merawat pohon bukan pekerjaan mudah dan membutuhkan pengalaman seumur hidup. Oded telah mempelajari berbagai pohon selama 65 tahun melalui berbagai eksperimen.

[Oded Yaffe, Diagnostik Penyakit Pohon dan Analis Tanah]:
'Di Israel, profesi ini tidak dapat dipelajari. Saya tidak tahu tentang di negara lain. Apa yang dibutuhkan orang yang merawat pohon? Dia perlu kesabaran dan juga membutuhkan banyak alat. Dia perlu menjadi seperti dokter umum. Bukan dokter spesialis, bukan dokter bahu atau telinga, tapi dokter yang dapat melihat sistem eksternal dan internal dari pohon itu. Saya mewariskan pengetahuan ini pada anak saya, yang telah mempelajari hal ini selama lima tahun.'

Mengobati pohon caranya berbeda-beda. Sebagian butuh infus tertentu, berbagai krim, dan terkadang tanah sekitarnya juga harus dirawat.

[Oded Yaffe, Diagnostik Penyakit Pohon dan Analis Tanah]:
'Dalam merawat pohon, tanah atau bunga, kita harus melihat keseluruhannya, termasuk tempat, pohon dan pemiliknya, disana saya dapat memutuskan apa yang harus dibawa ke laboratorium untuk dites.'

Beberapa masalah hanya dapat ditentukan dengan menganalisis tanah di sekitar akar pohon. Contoh tanah dapat ditempatkan pada tanaman di rumah kaca. Keadaan tanaman di contoh tanah tersebut lalu diperiksa untuk mendeteksi masalah sebenarnya.


SOURCE

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search