Bolehkah Berenang Sehabis Makan?

Diposting oleh admin on Selasa, 01 Juni 2010

Jakarta, Ada anggapan jika seseorang berenang sehabis makan akan mengalami kram perut atau kejang yang bisa menyebabkan tenggelam atau membeku di dalam kolam renang. Benarkah seperti itu?

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Selasa (1/6/2010) setelah makan sebesar 20-25 persen aliran darah akan menuju perut untuk membantu proses pencernaan.

Proses pencernaan makanan membutuhkan aliran darah yang lebih besar ke perut, sedangkan jika saat bersamaan melakukan renang maka aliran darah yang besar juga dibutuhkan oleh lengan dan kaki.

Hal ini bisa mengakibatkan persaingan dan membuat perut kekurangan oksigen dalam jumlah tertentu, sehingga menimbulkan kram perut.

Kram juga bisa terjadi karena perut yang penuh oleh makanan berusaha untuk menarik kembali ligamen ke tempatnya. Fakta menunjukkan perut yang penuh akan membuat seseorang tidak nyaman untuk berolahraga dan pada beberapa kasus bisa menyebabkan muntah.

Meski demikian belum pernah ada kasus yang dilaporkan berenang setelah makan bisa menyebabkan tenggelam.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jenis makanan yang dikonsumsi dan kecepatan pencernaannya, misalnya karbohidrat sederhana seperti kentang akan lebih cepat dicerna dibandingkan dengan lemak atau protein kompleks.

Jika tiba-tiba terjadi kram, maka usahakan untuk tetap tenang dan mengambang sambil menarik napas dalam-dalam. Hal ini bisa membantu menghilangkan kram yang terasa. Selain itu bisa juga dengan melakukan sedikit pemanasan.

Sebenarnya tubuh manusia memiliki aliran darah yang cukup untuk menjaga semua bagian agar bisa berjalan baik-baik saja setelah makan.

Selain itu selama berolahraga atau latihan, tubuh akan menghasilkan adrenalin yang benar-benar dapat membantu memberikan oksigen ke otot-otot yang membutuhkan. Namun terkadang hal ini tidak berjalan sempurna.

Untuk menghindari gangguan yang mungkin timbul saat sedang berenang, tak ada salahnya untuk menunggu beberapa saat sebelum berenang serta jangan terlalu bersemangat berenang jika setelah makan.


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4267611

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search