Fenomena Midnight Sun di Eropa Utara

Diposting oleh admin on Sabtu, 08 Mei 2010

Matahari tengah malam adalah fenomena alam yang terjadi pada musim panas di lintang utara dan dekat ke selatan Lingkaran Arktik , dan selatan dan dekat ke utara Lingkaran Antartika dimana matahari tetap terlihat di tengah malam lokal. Matahari tidak akan tenggelam namun hanya mencapai garis horizon pada tengah malam. Musim panas memungkinkan matahari terlihat selama 24 jam terus menerus, terutama di utara Lingkaran Arktik dan selatan Lingkaran Antartika.



Negara-negara yang mengalami fenomena midnight sun diantaranya adalah:

1. Kanada

2. Amerika Serikat bagian Alaska

3. Denmark

4. Norwegia

5. Swedia

6. Finlandia

7. Rusia

8. Islandia



Keadaan lebih unik lagi terjadi di daerah Svalbard, Norwegia. Anda tidak akan melihat matahari tenggelam pada tanggal 19-23 Agustus. Wow, bisa dibayangkan anda sudah sangat mengantuk tapi matahari masih terang. Bagi para pelancong yang mau melihat midnight sun di Norwegia, anda bisa datang ke daerah-daerah di bawah ini:



1. Longyerbyen (Spitzbergen): Apr 20 – Aug 20

2. North Cape (Nordkapp): May 14 - July 30

3. Hammerfest: May 16 - July 27

4. Tromsø/Tromso, Hausberg: May 20 - July 22

5. Narvik, Hausberg: May 25 - July 18

6. Lofoten & Vesterålen: Late May - Mid July

7. Bodø/Bodo: July 4 - July 8



So, pada tengah malam pun, misal jam 1 malem anda masih bisa melihat matahari! Fenomena yang sangat menarik.



Efek Fenomena Terhadap Kehidupan Manusia



Fenomena Midnight Sun ini paling terasa dampaknya bagi pendatang dan juga turis. Banyak yang kesulitan tidur saat fenomena ini terjadi, tak terkecuali bagi penduduk lokal. Ada sebuah penyakit yang terjadi saat fenomena midnight sun ini berlangsung, yaitu Hipomania yang memiliki ciri-ciri anda mudah marah dan kehilangan mood melakukan sesuatu.



Efek yang terasa lainnya adalah pada orang Islam yang berpuasa di Norway, dimana waktu puasa bisa sangat lama. Jika kita di Indonesia paling lama berpuasa selama 13 jam, di Norway bisa sampai 18-20 jam, karena waktu siang yang sangat lama.



Efek lainnya bagi para turis adalah, mereka bisa jalan-jalan dan menghabiskan waktu siang lebih lama, seolah-olah waktu itu jadi bertambah lebih banyak. Biasanya turis yang melancong ke daerah-daerah yang mengalami midnight sun merasa seolah menyimpan tenaga ekstra dan hanya butuh tidur sedikit saja.


midnight sun:

















sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4045062

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search