Tips Bergaul dengan orang lain

Diposting oleh admin on Jumat, 30 April 2010

Siapa yang gak seneng punya teman banyak ’n ketemu sobat baru? Dengan berteman, qta jadi menambah wawasan sekaligus memperluas pergaulan. Tapi, gak gampang loh ngedapetin banyak teman, apalagi mempertahankannya. Banyak faktor yang mempengaruhinya, sehingga qta jadi sulit wat bergaul, misalnya aja neh...yang tadinya biasa cas cis cus klo ngomong, tiba2 jadi diam seribu bahasa, ada juga yang grogi klo berada di keramaian ’n bingung harus ngomong or berbuat apa, dll. Hal seperti itu pasti sering qta alami khan?! Nah...supaya qta bisa jago dalam bergaul ’n gak salah tingkah, coba beberapa tips di bawah ini deh!

1. Mulailah Pembicaraan Dengan Hal2 Yang Umum
Mulailah pembicaraan dengan menanyakan pekerjaannya, hobinya, atau hal lain yang sudah pasti (biar gak disangka SKSD). Tetapi jangan kecewa bila dia hanya menjawab 'ya' dan 'tidak' ato bahkan hanya diam aja. Anggap aja belum saatnya wat kenalan.

2. Jangan Pernah Mengkritik Diri Sendiri
Jika qta ingin berhasil dalam pergaulan, jangan sekali2 qta mengkritik or menjelekkan diri sendiri. Karena, ketakutan akan dinilai lawan bicara sebagai suatu hambatan terbesar. Dalam Psikologi dikenal dengan istilah 'Self Critism' (Kritik Diri). Ketakutan di atas merupakan wujud dari kritik diri yang berlebihan.

3. Hati2 Dalam Memberi Pujian Atau Kritik
Jangan pernah memberi kritikan sambil memuji seseorang misalnya, qta bertemu sahabat lama, lalu qta katakan ' Oh ternyata kamu lebih cantik dari yang dulu '. Bisa aja dia menganggap klo dulu dia gak pernah kelihatan cantik.

4. Berikan Kesempatan Untuk Orang Lain
Berilah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Berikan pertanyaan2 singkat agar dia terpancing wat bercerita, hingga qta menemukan topik yang menarik ‘n disukai olehnya. So, percakapan dua arah akan tercapai.

5. Gunakan Body Language
Sikap ato bahasa tubuh sangat mempengaruhi qta dalam bergaul. Berikan wajah yang welcome ‘n ceria disertai dengan senyuman yang manis wat dia. Dengan begitu, dia akan merasa nyaman ’n tertarik wat berteman dengan qta.

6. Pintar2lah Dalam Membagi Perhatian
Jika dalam satu kesempatan qta bertemu dengan beberapa teman baru, bagilah pembicaraan di tengah2 mereka dengan melibatkan berbagai topik. Jangan sampai pembicaraan kita hanya terpusat pada satu orang.

7. Hindari Perselisihan
Jika terlibat dalam satu pembicaraan, baiknya qta membicarakan hal2 yang ringan 'n netral aja. Itu dimaksudkan agar tidak terjadinya perdebatan ato pun perselisihan.

8. Be a Good Listener
Bila qta gak tahu apa yang sedang dibicarakan, dengarkan saja lawan bicara qta. Sekali2 bolehlah jika kamu memberi komentar or tanggapan yang segar jadi, temanmu ngerasa dihargai 'n dihormati.

9. Seni Mengelak
Seni mengelak kadang perlu qta lakukan. Misalnya aja neh, bila teman qta selalu membicarakan dirinya sendiri or sesuatu yang membosankan, qta bisa berdalih dengan alasan sedang sibuk or ada kerjaan, supaya pembicaraan tidak berlanjut. Tapi ingat! jangan sampai dia tahu ya klo qta menghindar.

10. Sense of Humor
Jika qta punya rasa humor yang tinggi, itu akan menjadi nilai plus wat qta dalam menjalin suatu hubungan apapun. Karena dengan begitu, qta akan menjadi pribadi yang menarik 'n suasana juga akan menjadi hangat 'n tambah akrab.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search