Cara dan Tips Main Point Blank

Diposting oleh admin on Jumat, 30 April 2010

cara main game point blankRasanya demam FPS tidak pernah berhenti di Indonesia. Bila kita mengurutkan sejarah, demam FPS dimulai dari game Counter-Strike yg memupuk perkembangan warnet di awal tahun 2000, hingga bisnis warnet jadi menjamur. Kalau mengurutkan lebih jauh lagi,game FPS juga menjadi pemicu dari even-even e-sport yg diadakan di Indonesia setiap tahunnya. Kejayaan Counter-Strike yg tidak pernah padam, sempat disaingi oleh game-game FPS lainnya seperti, serial Battlefield dan Call of Duty. Nah, baru-baru ini Indonesia kedatangan game MMOFPS yg mirip dgn Counter-Strike dan Call of Duty. Jadi fitur kali ini dibuat utk mebahas game FPS tersebut yg memiliki slogan, 1st Real FPS Online Game in Indonesia. Sudah tahu judul gamenya? Yak betul sekali, game tersebut berjudul Point Blank.
Point Blank adalah sebuah MMOFPS yg memiliki fungsi clan dan perk. Jadi pada saat kita bermain Point Blank, kita akan merasakan sensasi bermain Counter-Strike dgn penambahan fitur berupa fasilitas perk ala Call of Duty. Pokoknya game ini cocok banget utk para maniak FPS yg menginginkan tantangan baru dgn grafis yg lebih baru. Kalau kamu sudah enggak sabar ingin mencobaPoint Blank, berikut ini kami akan menjelaskan semuanya, dimulai dari cara registrasi di situs Point Blank.


Untuk melakukan registrasi game Point Blank, kamu cukup mengunjungi situs pb.Gemscool.com. Lalu klik tombol daftar yg ada di kiri layar. Tombol daftar yg ada di situs ini memang sedikit kurang mencolok dibandingkan tombol-tombol lainnya. utk itu, supaya lebih mudahkami memiliki screenshot yg menunjukkan di mana posisi tombol daftar, secara jelas.


Ketika tombol daftar ditekan, kita akan diajak menuju portal KREON yg namanya Gemscool. Di situ kita bisa mendaftarkan account yg akan kita pakai di Point Blank. Karena Gemscool memiliki sistem registrasi yg berfungsi utk semua game yg dimiliki oleh KREON. Kalau kamu sudah memiliki account game KREON, account tersebut bisa dipakai pada game Point Blank. Jadi kamu tidak perlu melakukan registrasi ulang utk bermain.

Formulir yg Harus Kamu Isi dan Lengkapi

Kalau kamu sudah memiliki account Point Blank, silahkan dobel klik ikon PB yg ada di desktopmu dan tunggu sampai launcher Point Blank muncul. Bila kamu baru saja menginstal Point Blank maka bisa dipastikan kamu tidak akan menemukan tombol start. yg ada hanya tombol update dan check. Kita harus melakukan update pada client terlebih dahulu agar bisa memunculkan tombol start. Terkadang ada beberapa update yg mengharuskan kamu utk menjalankan fungsi check. Fungsi check bisa dijalankan dgn menekan tombol check yg ada di sebelah tombol start/update.


Setelah tombol start tersedia dan file sudah selesai diperiksa, silahkan tekan tombol start. Tunggu sebentar hingga program HackShield Pro melakukan update dan akhirnya saya ucapkan selamat datang di kampPoint Blank. Ups, lupa. Masukan ID dan password yg tadi kamu daftarkan di Gemscool dan sekali lagi, kami ucapkan selamat datang di kamp Point Blank.

Pada halaman awal, kamu hanya bisa melihat daftar dan staus server yg aktif. Saat ini terdapat 20 server yg siap menampung para pemain PB. Beberapa server memiliki status khusus, seperti server satu dan dua yg dikhususkan utk newbie. Itu artinya hanya pemain yg berpangkat trainee sampai dgn kopral (corporal) yg bisa masuk ke dalamserver tersebut. Server khusus lainnya adalah, server 10 yg digunakan utk clan war atau clan match. Fungsi clan nanti akan kami bahas, tetapi sekarang lebih baik kamu masuk ke dalam server newbie terlebih dahulu, agar bisa mendapatkan lawan yg memiliki level sepantaran.


Begitu masuk ke dalam server, kita akan disuruh memasukan nickname utk karaktermu. Kamu bisa memakai dua sampai enam belas huruf utk mengisi nickname karaktermu. Sama sepertigame online lainnya, nickname ini akan berfungsi sebagai nama karaktermu di dalam game. Setelah memasukan nickname pada bagian kiri tampilan akan muncul karaktermu, lengkap dgn senjata utama yg bisa kamu pilih di kolom inventory. Bila sudah siap, silahkan pilih salah satu room atau tunggu undangan orang lain utk masuk ke dalam room.
Bosan menunggu? Bagaimana kalau kamu buat room sendiri. Tombol utk membuat room ada di barisan kanan bawah. Begitu kamu menekan tombol tersebut,akan muncul pilihan menu utk membuat room. Pilihannya terdiri dari , mode, judul room, weapon limit, password, map, time, limit, join limit dan team balance. Tidak ada yg spesial dalam menu pembuatan room, fitur pembuatan room terlihat seperti fitur pembuatan room yg dimiliki oleh FPS kebanyakan.


Kalau sudah urusan membuat room, itu artinya kita harus tahu mode-mode apa yg dimiliki oleh Point Blank. utk itu kami akan membahas semua mode yg dimiliki oleh Point Blank saat masa open beta.
Mode yg pertama adalah mode deathmatch. Dalam mode ini tujuan kamu hanyalah satu. Habisi semua musuh dan jangan sampai tim kamu kalah. Bunuh dan kalahkan semua sampai waktu yg ditentukan habis atau kill limit terpenuhi. Waktu yg paling cepat adalah lima menit, sedangkan yg paling lama adalah tiga puluh menit. utk kill, kill yg paling sedikit adalah 60, sedangkan yg paling banyak adalah 160. yg musti kamu ingat di dalam mode ini adalah, musuh tidak memiliki respwan phase. Jadi mereka tidakakan tergeletak lama di atas tanah, begitu pula dgn dirimu.


Mode yg kedua adalah mode bomb mission atau misi pengeboman. Mungkin mode ini akan terasa basi bagi para veteran Counter-Strike. Pasalnya map-map berprefix “de_” yg artinya map dgn obyektif pengeboman, sudah menjadi makanan sehari-hari para pemain Counter-Strike. yg membedakannya dgn Counter-Strike adalah, bom yg dipakai utk mengebom dimiliki oleh semua Free Rebel. Bukan hanya satu orang, seperti yg ada digame Counter-Strike.


Mode yg ketiga adalah mode destroy mission yg nantinya akan muncul pada update berikutnya. Sesuai dgn namanya, tujuan memainkan mode ini adalah, utk menghancurkan obyektif yg dimiliki oleh masing-masing kubu (kubu Counter Terrorist dan Free Rebel). Biasanya obyektif tersebut bisa dihancurkan dgncara memasang bom ataupun menembakinya dgn senjata berat seperti RPG-7 (hanya tersedia pada peta-peta tertentu). Obyektif bisa berupa kendaraan maupun sebuah target, tergantungdari sekenario. Bisa dibilang destroy mission adalah gabungan dari mode deathmatch, karena musuh akan selalu spawn terus dan bomb mission,karena memiliki target yg harus dihancurkan atau dibom.
Mode yg keempat adalah mode eliminate. Dalam mode ini, kita bermain layaknya mode deathmatch. Bedanya pada mode ini kita akan memiliki respawn phase, dan itu artinya mode ini akan berjalan layaknya peta-peta deathmatch di Counter-Strike. Tidak ada yg baru dalam mode ini.


Mode yg terakhir adalah A.I Match. Mode ini membuat kita bermain melawan A.I atau bot. Mode ini bisa dipakai orang utk menyesuaikan diri dgn kontrol dan feeling yg dimiliki oleh Point Blank, tetapi mode ini sebenarnya tidak memberikan keuntungan yg maksimal. Pasalnya A.I dalam game ini cukup bodoh dan tulalit sehingga kurang cocok utk dipakai latihan.
Sehabis membahas mode ada baiknya kita langsung memasuki room yg kita buat utk menunggu orang-orang masuk ke dalam room agar permainan bisa dimulai atau mengundang orang luar utk masuk ke dalam room yg kamu buat.Kita bisa melihat status teman satu room dgn melihat kolom status yg ada di sebelah nama karakter. Ada empat status yg bisa diperlihatkan pada kolom tersebut. Status yg pertama adalah Ready, ketika pemain sudah menekan tombol ready. Status yg kedua adalah Inven. Status ini terlihat ketika seseorang sedang mengakses menu inventory utk mengatur senjata atau perlengkapan lainnya. Status yg ketiga adalah Shop. Mirip dgn status sebelumnya, status ini terlihat ketika seorang pemain mengakses kolom shop ketika di dalam room. Status yg terakhir adalah Play yg artinya orang tersebut sedang bermain. utk mengetahui siapa yg menjadi room master, kamu cukup melihat tanda kuning yg ada di sebelah status pemain.Kita juga bisa meminta status room master kepada room master yg bersangkutan. Apabila kita terlalu lama idle di sebuah room, maka kita akan terkena auto kick. Hal yg sama juga dapat terjadi di dalam permainan.


Bila semua orang sudah memiliki status ready silahkan tekan tombol start dan voila, selamat datang pada pertempuran pertamamu.
Di layar pertempuran kamu bisa menemukan peta di pojok kiri atas, kolom misi pada bagian bawahnya. Jumlah skor pada bagian atas tengah tampilan dan status karaktermu pada posisi kanan bawah. utk bagian skor, kita bisa melihat poin yg dimiliki oleh pihak Counter Terorrist dan Free Rebel. Di bawahnya terlihat waktu yg tersisa pada ronde tersebut. Kalau melongok ke status karakter di situ kita bisa menemukan jumlah peluru, nama senjata dan tingkat health yg kamu miliki. Pada bagian atas dari status karakter, ada lambang helm yg bisa hilang saat helmmu terlepas.


Di sebelah status karakter, kita bisa melihat status frag yg kita miliki. Bintang perak utk melambangkan frag biasa. Bintang perak berlubang utk melambangkan head shot. Pisau perak utk melambangkan sluger (membunuh dgn pisau). Bintang dgn angka dua, utk melambangkan mass killer (membunuh dua orang sekaligus dgn granat) atau piercing shoot (membunuh dua orang dgn satu peluru). Ketika berhasil menghentikan seorang chain killer maka kita akan mendapatkan lambang bintang emas dgn daun putih.


Bila kamu berhasil membunuh musuh dua kali, maka kamu akan mendapatkan status double kill. Begitu musuh ketiga mati, maka kamu akan mendapatkan status triple kill dan begitu musuh yg keempat mati di tanganmu, maka status chain killer jadi milikmu. Kamu tidak boleh terbunuh utk mendapatkan status chain killer. Bila sampai ada yg berhasil membunuhmu saat kamu memiliki status tersebut, maka orang itu akan mendapatkan status chain stopper, dan akan mendapatkan lambang frag seperti yg tadi kami sebutkan di atas. Sebenarnya status-status tersebut tidak terlalu berpengaruh, paling kamu membutuhkan status tersebut saat menyelesaikan mission card yg diberikan atau kamu beli. Saat kamu bertempur, status menang-kalah, membunuh atau terbunuh dan status head shot akan terekam pada layar status. Layar status bisa kamu temukan di halaman utama di luar pertempuran.
ila kamu merasa kurang sreg dgn senjata-senjata default yg ada di Point Blank kamu bisa membeli senjata tambahan di kolom shop dgn cara menekan tombol shop yg ada di dalam room ataupun di halaman utama. Bila sudah masuk ke menu shop, kita akan disuguhi berbagai pilihan barang yg bisa dibeli. Mulai dari senjata sampai ke model karakter.


Ada banyak tipe senjata yg bisa kita beli, senjata-senjata tersebut dikelompokan menjadi beberapa tipe. Tipe yg pertama adalah main weapon. Isinya adalah senjata-senjata utama yg dikelompokan sebagai assault rifle, sub machine gun, shotgun, sniper rifle dan machine gun. Setiap senjata memiliki upgrade, kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, jadi silahkan sesuaikan senjata yg akan kamu pakai dgn tehnik kesukaanmu. Kalau kamu hobinya mengendap-endap lalu kemudian menghabisi musuh dari jarak jauh, maka sinper adalah senjata yg cocok untukmu. Tetapi kalau kamu suka menantang bahaya dan tidak takut mati. Maka pilihanmu adalah assault rifle, sub machine gun dan shotgun. Ada beberapa senjata spesial yg tersedia di sini, salah satunya ada Kriss S.V (SMG) yg memiliki mode dual saat kita menekan tombol B.
Untuk senjata secondary atau senjata sampingan, kamu akan menemukan berbagai tipe pistol yg memiliki status yg berbeda-beda. yg membuat bagian ini spesial adalah adanya model dual handgun dan pistol berbelati (P99&HAK). Khusus utk pistol berbelati, pistol tersebut nantinya akan muncul pada update-update berikutnya.
Untuk senjata melee pada update selanjutnya akan muncul senjata dual knife, amok kukri dan mini axe. Khusus utk mini axe, senjata tersebut bisa kita lemparkan ke arah musuh layaknya senjataninja.
Pada bagian explosive nantinya akan muncul senjata C-5. Senjata ini berfungsi seperti bom yg memiliki kendali jarak jauh. Jadinya kamu cukup menanam bom tersebut di tanah kemudian menjaga jarak aman sambil menunggu musuh yg lewat. Ketika musuh lewat, kamu cukup menekan tombol pengaktifan lalu KABOM! Kamu mendapatkan mangsa.


Kami sempat mewawancarai tim Point Blank, dan menurut mereka senjata C-5 mungkin akan menjadi senjata paling berbahaya saat memainkan mode destroy mission. Bayangkan saja saat kamu berusaha menghancurkan obyektif milikmu, ternyata musuh sudah menyiapkan ladang ranjau C-5 di tempat kamu berdiri. Di jamin kamu akan mati seketika saat sang pemilik C-5 menekan tombol aktivasi. Bagi kami sebenarnya senjata tipe C-5 sudah sering ditemui pada game-game FPS lainnya terutama seri Battlefield. Harusnya senjata tersebut tidak akan menjadi masalah besar asal kita hati-hati.
Untuk kolom special kita akan menemukan granat lempar dgn tipe yg berbeda-beda. Ada yg tipe pengejut atau flash bang ada yg tipe racun atau WP smoke (muncul dalam update berikutnya). Granat tipe racun bisa kita pakai utk menghabisi nyawa musuhmu perlahan-lahan. Kuncinya adalah ruangan yg sempit dan tertutup.
Beberapa senjata dan perlengkapan membutuhkan titel atau perk khusus yg bisa kamu dapatkan melalui misi-misi yg bisa kamu akses di menu mission/title. Setiap title atau perk memiliki keistimewaan masing-masing. Bahkan ada beberapa perk yg mengijinkan kamu utk membeli senjata spesial. Tetapi jangan berharap title atau perk akan membuatmu menjadi tentara super yg tidak bisa dikalahkan. Pasalnya semua title memiliki pinalti yg menyeimbangkan status yg kamu miliki. Sebagai contoh, ada satu title yg bisa memberikan akurasi +3, tetapi sebagai gantinya dia akan mengurangi daya tahan tubuhmu -2. Pokoknya sistem title mirip dgn sistem perk yg ada di Call of Duty. utk mendapatkan title, kita harus memenuhi syarat medali. Medali-medali tersebut bisa kita dapatkan melalui mission card yg bisa kita beli di bagian misi.


Bila kita membeli atau mendapatkan misi kita harus memenuhi syarat khusus yg tertera di dalam misi. Bila kita berhasil memenuhi syarat-syarat khusus tersebut, maka kita akan memperoleh medali yg dijanjikan. Beberapa misi terkadang memberi kita hadiah utama berupa senjata ataupun perlengkapan khusus lainnya. Misi bisa kita lihat pada kolom kiri di sepanjang permainan kecuali kamu memasuki menu membeli senjata ataupun barang.
Sebagai sebuah game MMOFPS, Point Blank memberi kita sistem clan layaknya sistem guild pada game MMORPG. Di dalamnya kita bisa berteman, berkomunikasi atau beradu keahlian dgn clan lain. Hal inilah yg menyebabkan adanya server khusus yg namanya server clan. Nantinya setiap clan bisa meningkatkan level clannya masing-masing. Sampai sekarang belum jelas apa keuntungan dari meningkatkan level clan, tetapi tampaknya setiap mengalami peningkatan level, jumlah anggota yg bisa ditampung akan semakin banyak. Mungkin nantinya nama clan dan prestasi clan akan tercatat langsung pada halaman clan yg ada di pb.Gemscool.com. Mengingat halaman tersebut belum tersedia hingga sekarang, jadinya kami belum bisa memastikan fungsi sesungguhnya halaman clan tersebut.


Sekilas I-Cube Engine
Kami mencari-cari beragam info mengenai I-Cube Engine yg dipakai oleh game Point Blank. Kurang lebih informasi inilah yg kami dapatkan. Point Blank dikembangkan menggunakan I-Cube Engine yg bisa menghasilkan objek dan efek realistis. I-Cube Engine memungkinkan Point Blank utk menampilkan kualitas grafik kelas tinggi dgn system requirement yg cukup rendah. Selain itu pemain juga bisa mengatur sendiri tingkat kualitas grafik utk disesuaikan dgn spesifikasi komputer yg digunakan.
Bakar Mobil dgn Engine I-Cube
Jujur saja kami curiga kalau I-Cube adalah pengembangan lebih lanjut dari Cube Engine yg dirilis pada tahun 2002. Kecurigaan kami memang tidak bisa dibuktikan apalagi kalau melihat spesifikasi yg dimiliki oleh Cube Engine bertentangan dgn I-Cube Engine. Kunci pertentangan tersebut hadir pada peta Eastern Road yg bertingkat. Peta tersebut tidak bisa dibuat menggunakan Cube Engine yg “based on a 2D height map”.


Akhirnya habis juga game Point Blank kami bahas. Berhubung gamenya sudah keluar, bagaimana kalau kamu coba sendiri game ini dan rasakan sensasinya bermain MMOFPS yg memiliki cita rasa gabungan antara Counter-Strike dan Call of Duty. Jadi mending kami menyingkir dan kembali ke komputer kami masing-masing. Sampai ketemu lagi di fitur game kami berikutnya. Forget the old one, time to play Point Blank. Ciao..


http://www.speedytown.com/kimyong/index.php/2010/04/20/cara-tips-main-point-blank/

{ 2 komentar... read them below or add one }

-=CheateR-By-Fikri=- mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Admin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Search