Apakah Revolusi Itu ???

Diposkan oleh admin on Rabu, 14 April 2010

Revolusi secara terminologi adalah perubahan secara radikal dalam waktu yang relatif singkat dalam hal merubah nilai-nilai lama yang dianggap tidak layak menjadi nilai baru yang dianggap baik dan sesuai/layak diterapkan.

Kata-kata radikal dari kata radic atau akar yang maksudnya mendasar, sedangkan relatif singkat mengacu kepada waktu relatif bisa dalam hitungan satuan waktu yang dianggap sesuai dengan objek atau subjek yang direvolusi.
Sebagai contoh adalah untuk merubah cara pandang materialistik kapitalistis menjadi paham sosial kerakyatan atau sosial nasionalism dari suatu komunitas masyarakat dibutuhkan waktu 10 tahun.
Menilik dari sudut pandang ini maka dalam rentang waktu relatif 10 tahun sudah terjadi perubahan yang mendasar dari pandangan materialistik kapitalistis menjadi paham baru yaitu sosial kerakyatan. Waktu 10 tahun bagi beberapa pihak adalah lama tetapi apabila melihat kompleksitas masalahnya maka waktu 10 tahun dapat dikategorikan singkat. Inilah yang disebut waktu relatif dalam revolusi.
Apakah Revolusioner Itu ???
Revolusioner adalah sebuah cara berpikir, cara bersikap, cara bertindak yang selalu mengacu kepada pembalikan/perubahan nilai lama yang dianggap tidak layak menuju nilai baru yang dianggap lebih layak. Semua orang, kelompok, atau bahkan partai yang berpikir, bersikap dan bertindak seperti itu dapat dikategorikan revolusioner.
Apakah Revolusi Harus Berdarah ???
Kebanyakan orang keliru bahwa revolusi harus berdarah, ternyata tidak. Revolusi jika dimaknai menyeramkan memang akan membawa pada ingatan revolusi fisik seperti pada tahun 1945 atau Revolusi di Uni Soviet. Tetapi apakah kita ingat bahwa Revolusi Industri yang mengubah kebiasaan produksi tradisional menjadi produksi modern dikarenakan ditemukannya mesin uap oleh James Watt, ini juga termasuk dalam kategori revolusi.
Ditemukannya konsep teknologi informasi dan komunikasi yang mengubah kebiasaan manusia dari model manual menjadi otomatisasi informasi dan komunikasi juga merupakan revolusi. Jadi revolusi dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan pada bidang apa saja dan tidak harus berdarah.


SUMBER

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Search

Memuat...