10 Hal Sepele Membuat Hidup Lebih Sehat

Diposting oleh admin on Jumat, 30 April 2010




Gan, gw mau berbagi tips kesehatan yg asik tapi gampang nih. Ini udah sering gw praktekin dan ngecek di internet. Dampaknya sangat terasa sampai sekarang. mudah-mudahan nggak repost, soalnya pengalaman gw sendiri. Selamat mencoba !
  1. bangun pagi, selarut apapun tidurnya.
    Gw biasa bangun pagi, trus nonton TV klo diluar blm terang. Klo udah terang, keluar rumah, terus liat2 taneman di pekarangan. Klo misal hari libur, klo kira2 pas jam 9an masih ngantuk ya tidur aja lagi.

    Spoiler for alasan medis:


    Pagi sebelum terik merupakan saat tanaman memproduksi oksigen sebanyak2nya, dan itu baik bagi kesehatan. Riset juga membuktikan bahwa melihat warna hijau dpt menyehatkan mata dan menurunkan emosi.
  2. Mengonsumsi telur di pagi hari agar siang tidak terlalu banyak makan.
    Terserah sarapannya apa aja, usahakan digabung dengan telur.

    Spoiler for loh kok?:

    Protein pada telur membantu pembakaran lemak, shg saat makan siang kita tak begitu banyak makan disebabkan tubuh cukup mencerna nutrisi dari lemak. Jadinya klo kita kerja ga ngantuk karena kebnyakan makan. Cocok bwt org yg diet.
  3. Minum kopi/teh setiap pagi.

    Spoiler for loh kok?:

    Kopi/teh mengandung kafein yg dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga peredaran darah lancar dan kita merasa segar untuk memulai aktivitas. Takut minum kopi krn sakit jantung? bisa diganti teh hangat.
  4. jangan mandi setelah makan.
    Pernah ga ngerasain perut eneg habis mandi? Biasanya sering terjadi sama orang yang buru2 berangkat kerja/sekolah karena takut telat. Hal itu terjadi karena jarak mandi setelah makan sangat cepat. Lebih baik menunggu 30 mnt dulu atau makan setelah mandi.

    Spoiler for loh kok?:

    Mandi membuat darah menyebar ke seluruh tubuh (salah satu penyebab mengapa kita merasa segar setelah mandi), sehingga darah tidak terkonsentrasi di lambung dan usus (mereka memerlukan darah untuk pencernaan), akibatnya pencernaan terhambat.
  5. BAB tidak teratur? Lancarkan dengan olahraga kaki.
    Pernah ga BAB pdhl udah bnyk makan sayur? Cobalah olahraga ringan yg memusatkan kekuatan tungkai seperti jalan kaki, bersepeda, naik turun tangga, dsb. cukup 10 mnt. (pengalaman gw: pusup situp gak brpengaruh)

    Spoiler for loh kok?:


    Bergerak membuat peredaran darah lancar, shg pencernaan juga lebih cepat. Sebenarnya olahraga apapun boleh, namun lebih efektif kalo olahraga kaki.
  6. Minum air min 3.5 liter sehari.
    Sekarang hawa makin panas, kegiatan makin sibuk, jd klo minum hanya 2 liter tidak efektif utk kesehatan. Kalau tidak kuat sekaligus, lebih baik dijadwal, misal pagi, lalu menjelang siang, siang, dst.

    Spoiler for loh kok?:

    Hawa perkotaan yg makin panas serta pekerjaan yg makin sibuk membuat keringat keluar lbh deras, dan dpt memicu dehidrasi. Jgn melalaikan minum air hanya krn malas ke kamar kecil. Air juga melancarkan BAB krn dpt melunakkan fases.
  7. Cek kadar cairan tubuh lewat urine.
    Kelanjutan poin atas, berguna untuk mengetahui apakah kita kekurangan cairan atau tidak.

    Spoiler for loh kok?:

    Urine yang sehat adalah berwarna kuning mendekati bening dan hampir tidak berbusa. Busa pada urine menandakan kadar keasaman urin. Bila bnyk busa, berarti urin terlalu bersifat basa. Dpt kita netralkan dgn perbanyak air minum. Bila brwarna kuning, berarti kandungan bilirubin lbh bnyk drpd air. Dinetralkan pula lewat air.
  8. Teh tawar panas, penetralisir segala makanan.
    setelah makan makanan berpengawet, bersantan, atau berlemak tinggi, bbrp orang biasanya akan merasa mual dan tidak enak. Stlh minum teh panas tawar, rasa tidak enak akan lumayan berkurang.

    Spoiler for loh kok?:

    Kandungan zat tannin dalam teh diteliti dapat menetralisir kandungan2 lemak dan kolesterol. Jangan diberi gula, krn malah menambah mual dan diabetes.
  9. Hilangkan bad mood dan stres dengan gandum atau bayam.
    Merasa stres karena beban pekerjaan? Coba konsumsi berbagai produk gandum seperti oatmeal atau roti gandum sebagai makanan pokok, atau konsumsi bayam sebagai menu makan siang.

    Spoiler for loh kok?:

    Zat besi yg terkandung pd gandum atau bayam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Makin bnyk hmglobin, makin bnyk oksgen yg diterima. Hal ini akan brpngaruh thd kinerja otak, yg nantinya akan meningkat dan membuat bad mood hilang.
  10. Sikat gigi 1 jam sebelum tidur.
    Targetkan dulu kita akan tidur jam berapa, lalu sebelum tidur kita sikat gigi.

    Spoiler for loh kok?:

    Selain membersihkan rongga mulut, sikat gigi juga menghilangkan hasrat ngemil di malam hari bagi yg ingin diet.


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3973690

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search